11 Okt 2012
  Humas Berita,

GKR. Hemas Canangkan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK – KB - Kesehatan 2012

GKR. Hemas Canangkan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB - Kesehatan 2012

 

KEPATIHAN YOGYAKARTA (11/10/2012) pemda-diy.go.id Ketua Tim Penggerak PKK DIY, GKR. Hemas, mencanangkan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB - Kesehatan tahun 2012, di Gedhong Pracimosono, Kepatihan Yogyakarta, Kamis (11/10)

Dalam sambutannya GKR. Hemas antara lain mengemukakan, tantangan kedepan pengurus TP PKK yaitu meraih keberhasilan diseluruh jenjang dengan memperkuat kelompok dasawisma dan Posyandu yang ada di wilayah RW/Dusun. Untuk mencapainya, maka perlu kerja keras dan ada kunjungan ke lokasi Posyandu yang ada di desa maupun kelurahan dari pengurus TP PKK Kabupaten/kota. Untuk itu diharapkan kegiatan kesatuan gerak PKK KB - Kesehatan tahun 2012 ini sederhana namun berkualitas.

Pemantapan Kader TP PKK dalam meningkatkan pelayanan bidang kesehatan masyarakat juga sangat perlu diperhatikan dan ditingkatkan guna mendukung MDGs (Millenium Development Goals), katanya.

Selain itu lanjut GKR. Hemas, perlu adanya upaya-upaya untuk memperkuat kelompok Posyandu yang sangat dibutuhkan oleh lingkungan itu sendiri. Posyandu merupakan kegiatan sosial yang selalu membantu masyarakat khususnya bidang kesehatan.

Sementara itu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melalui Sekretasis Daerah DIY, Drs. Ichsanuri mengatakan, program kesehatan nasional dilaksanakan secara terpadu dan TP PKK dengan Instansi terkait selalu berkoordinasi dalam rangka membangun kesehatan keluarga.

Dikatakan, kepedulian masyarakat dalam bidang kesehatan melalui Posyandu sangat membantu penurunan kematian bayi lahir dan kematian ibu melahirkan. Kualitas kader dalam menangni posyandu perlu adanya pengembangan wawasan bidang kesehatan, sehinga dalam menangani Posyadu para kader sudah memiliki kualitas sumber daya manusia yang bisa dihandalkan.

Semua itu bisa dilakukan oleh petugas kesehatan dengan memberi pembinaan pada kader secara rutin, terangnya.

Melalui alih teknologi dalam pelayanan kesehatan masyarakat dan keluarga berencana, dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat, Sultan berharap, pelayanan di Posyandu bisa lebih dioptimalkan. Untuk itu harus ada dukungan pembinaan secara teknis dari petugas kesehatan.

Usai pencanangan, dilanjutkan seminar, dengan nara sumber dari berbagai instansi terkait bidang kesehatan dan KB. (skm/rsd)

HUMAS

 

Bagaimana kualitas berita ini: