19 Des 2018
  Humas Berita,

Dies Natalis UGM, Menteri PUPR Terima Anugerah HB IX

Sleman (19/12/2018) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menghadiri Rapat Senat Dies Natalis ke-69 Universitas Gagjah Mada (UGM) pada Rabu (19/12).  Bertempat di Grha Sabha Pramana, dies kali ini dihadiri Menteri PUPR RI Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc yang sekaligus menerima Anugerah Hamengku Buwono IX.

Dalam laporannya, Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., mengajak warga UGM untuk kembali menengok amanah yang diberikan bangsa Indonesia kepada UGM. Amanah tersebut telah tercantum dalam visi dan misi UGM yang harus dipegang teguh oleh komitmen bersama.

Visi UGM ialah menjadi pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan, dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila. Visi ini didukung misi yakni melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Melalui visi misi tersebut, UGM selalu berkomitmen dan konsisten memegang teguh jati dirinya sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas Pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan. Nilai-nilai dan jati diri UGM itulah yang menjadi referensi tiap gerak langkah UGM menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi,” paparnya.

Panut menambahkan, UGM merupakan universitas yang selalu mengakar kuat pada nilai-nilai luhur budaya bangsa dan selalu turut berjuang mewujudkan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat, terhormat dan disegani di mata dunia.

“Karenanya, UGM sendiri merasa perlu untuk memberikan kontribusi bagi bangsa di dunia internasional. Salah satunya dengan ikut membantu membangun reputasi internasional bagi bangsa Indonesia. Untuk itu, UGM juga berperan aktif melalui peningkatan peringkat UGM di antara perguruan tinggi di dunia,” imbuhnya.

Terkait Anugerah HB IX kepada Menteri PUPR, penyerahan dilakukan langsung oleh Rektor UGM. Penghargaan diberikan kepada Basuki atas dasar hasil rapat senat UGM pada November 2018 lalu.

Pada hasil penilaian terungkap Basuki Hadimuljono dalam menjalankan kegiatannya telah menyontoh sifat dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX, yakni sederhana dan rela berkorban bagi bangsa dan negara. Selain itu, ide-ide terkait pembangunan infrastruktur dari pria yang juga alumni UGM ini dianggap berguna bagi bangsa dan negara. Basuki Hadimuljono dinilai memiliki integritas tinggi sebagai pribadi maupun pejabat negara. (rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: