14 Mar 2022

Gubernur DIY Hadiri Pertemuan dan Diskusi IKN Bersama Presiden RI

Yogyakarta (13/03/2022) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY Sri Sultan HB X turut menghadiri pertemuan dan diskusi bersama Presiden RI Ir. Joko Widodo di Novotel Ballroom, Balikpapan pada Minggu (13/03). Dalam kesempatan kali ini terdapat beberapa hal yang disampaikan Presiden RI seperti Ibu Kota Nusantara (IKN), penanganan Covid-19, hingga pengelolaan anggaran.

Di depan 34 gubernur se-Indonesia, Presiden RI menjelaskan terkait pemindahan Ibu Kota Negara ke Nusantara. Presiden Jokowi menginginkan dengan dibangunnya Nusantara, Indonesia memiliki kota dengan standar internasional yang memiliki fasilitas-fasilitas berstandar internasional pula. Presiden juga menekankan, “Negara kita ini besar sekali 17 ribu pulau, PDB ekonomi 58 persen ada di Jawa, saat ini magnetnya ada di DKI Jakarta. 56 persen populasi ada di Jawa, sehingga terjadi ketimpangan ekonomi, ketimpangan infrastruktur.”

Selain itu, Presiden Jokowi juga memberikan arahan agar para gubernur untuk terus mengetatkan pelaksanaan protokol kesehatan agar angka penambahan kasus Covid-19 semakin menurun. Vaksinasi baik dosis 1 dan dosis 2 maupun booster juga diharapkan terus digencarkan di daerah masing-masing. Sedangkan untuk mengantisipasi perkembangan situasi global yang semakin tidak menentu, Presiden Jokowi berpesan agar Pemerintah Daerah secepatnya beradaptasi dalam mengatur anggaran.


Adapun kedatangan Ngarsa Dalem dalam acara ini membersamai Presiden Jokowi menggunakan Pesawat Kepresidenan dari Pangkalan Udara Adisutjipto Sleman dan disambut oleh Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si dan jajaran Forkopimda Kaltim di Bandara Sepinggan International Airport. Acara pertemuan dan diskusi ini juga dihadiri oleh sejumlah Menteri, Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN.

 

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: