06 Apr 2018
  Humas Berita,

Gubernur DIY Siap Menerima COKLIT oleh KPU DIY

Yogyakarta (06/04/2018) jogjaprov.go.id – Gubernur DIY Sultan HB X pagi ini, Jum’at menerima KPU DIY di ruang kerjanya, Gedhong Willis, Kepatihan Yogyakarta didampingi oleh Kepala Bakesbangpol DIY (Badan Kesatuann Bangsa dan Politik), Agung Supriyono, SH.

Pemimpin Rombongan yang sekaligus Ketua Komisioner KPU DIY, Hamdan Kurniawan, S.IP, MA dalam kesempatan tersebut melaporkan adanya kegiatan yang sedang dijalankan KPU saat ini, yaitu ada pada tahapan pendaftaran pemilih.

Disampaikannya pula ucapan terimakasih kepada Pemda DIY dengan adanya kerjasama dalam proses tahapan pemilu yang dalam waktu dekat ini sudah mulai jalan saat ini, yaitu proses pemutakhiran data pemilih 2019. Selain itu pendaftaran calon anggota DPD yang saat ini sudah mulai dilaksanakan.

Ditambahkan pula bahwa, KPU meminta dukungan Pemda DIY agar pelaksanaan pemilu 2019 agar bisa berjalan dengan baik.  Salah satu dukungan yang penting pada saat pemungutan suara nantinya adalah dengan adanya pelibatan petugas keamanan di TPS. Dengan demikian, khususnya Sat Pol PP diharapkan bisa masuk dalam Tim Pelaksanaan.

Dilaporkan pula oleh Hamdan  adanya beberapa agenda yang cukup besar akan dilaksanakan. Yang pertama adalah adanya kegiatan COKLIT (Pencocokan dan Penelitian) Pemilu serentak seluruh Indonesia pada tanggal 17 April 2018 mendatang. Pantarlih (Petugas Pendaftar Pemilih) berencana akan mendatangi rumah Sultan untuk melakukan coklit. Selain itu petugas juga akan mendatangi tokoh-tokoh pemerintahan, politik, selebritis dan sebagainya. Hal ini dilakukan yang bertujuan merawat hak konstitusi para warga dalam pemilu nantinya serta diharapkan gaung pelaksanaan pemilu akan lebih besar .

Selain itu pada tanggal 21 April 2018 juga akan diselenggarakan Gelar Budaya yang menandai satu tahun menyongsong Pemilu Serentak di seluruh Indonesia pada 17 April tahun 2019. 549 Satuan Kerja (satker) pada hari yang sama akan serentak melaksanakannya. Untuk DIY akan dilaksanakan di out door JCM (Jogja City Mall)  dengan sasaran +1000 orang.

Hamdan yang juga didampingi oleh empat orang anggota komisoner KPU DIY lainnya menambangkan bahwa, akan dilakukan Launching Rumah Pintar Pemilu Nasional oleh KPU RI yang berlokasi di Taman Pintar Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 2018.

Pada kesempatan tersebut Gubernur DIY menanggapi kesediaanya menerima KPU DIY di kediamannya, Kraton Yogyakarta pada tanggal 17 April 2018 untuk dilakukan coklit. Selain itu beliau juga siap apabila ada sesuatu hal yang perlu dikoordinasikan lebih lanjut mengenai pelaksanaan Pemilu mendatang.  

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris KPU DIY, Dr. Ir Retno Setijowati, MS beserta anggota sekretariat lainnya. (teb)

Bagaimana kualitas berita ini: