18 Sep 2023
  Humas DIY Berita,

Harhubnas 2023, DIY Merilis 25 Armada Baru TransJogja

Yogyakarta (18/09/2023) jogjaprov.go.id - DIY akan merilis 25 armada baru Bus TransJogja yang diresmikan secara simbolis pada perayaan Harhubnas 2023. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas konektivitas serta meningkatkan minat penggunaan transportasi umum oleh masyarakat.

Launching dilakukan pada Minggu 17/09) di Terminal Wates, Kulon Progo, bersamaan dengan Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional 2023. Mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Pj. Bupati Kulon Progo sekaligus Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwi Panti Indrayanti memimpin upacara tersebut.

Made mengatakan, konektivitas antar wilayah dan aksesibilitas adalah hal yang wajib terwujud untuk Indonesia yang lebih baik. Perhubungan atau konektivitas akan mensejahterakan bangsa dan Negara tanpa bisa di tawar. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan memaksimalkan pemanfaatan transportasi umum.

Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah memutakhirkan layanan TransJogja. Hal ini dilakukan melalui penambahan jumlah armada, membuat kartu khusus pelajar dengan tarif Rp60, serta mengintegrasikan pembayaran dengan KRL, sehingga masyarakat dapat lebih mudah mengakses transportasi umum saat bepergian di kawasan perkotaan.

“Masyarakat saya harap akan lebih tertarik untuk menggunakan moda transportasi umum yang tersedia di Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya bus TransJogja,” ungkap Made.

Peringatan Harhubnas 2023 ini bertema “Melaju untuk Transportasi Maju", sangat relevan dengan visi Indonesia Emas 2045. Visi tersebut adalah akselerasi pembangunan, melalui perbaikan di seluruh sektor secara sistematis dan menyeluruh, dengan peningkatan kualitas layanan publik.

Melaju untuk Transportasi Maju dimaknai sebagai upaya berkembang dan berprestasi, serta meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Hal ini menurut Made sejalan dengan semangat Kemerdekaan Indonesia, yang menginspirasi, dan memberikan dorongan kepada insan Perhubungan untuk terus belajar, dan bersemangat untuk terus maju.

Pembangunan sektor perhubungan meskipun melesat cepat, namun harus tetap penuh perhitungan. Seluruh regulasi, kebijakan, program, serta kegiatan tidak sekedar berorientasi kuantitas, atau berhenti pada tataran output semata.

“Beri penekanan lebih pada pemenuhan aspek kualitas, pada pembangunan yang tepat sasaran dan tepat manfaat, sehingga dapat dipertanggungjawabkan hingga ke tataran outcome,” kata Made.

Acara tersebut turut dimeriahkan dengan bazar UMKM dan hiburan dari sejumlah perwakilan Dishub DIY, Dishub Kabupaten/Kota, dan BPTD Kelas III DIY. Selain itu, ada juga pembagian doorprize. Kemudian, juga akan dilakukan pembagian hadiah pemenang kompetisi Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu-lintas dan Angkutan Jalan tingkat provinsi serta pembagian hadiah juara kompetisi olahraga yang diikuti seluruh Dishub di DIY dan BPTD Kelas III DIY. (uk)

Humas Pemda DIY

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: