01 Mar 2024
  Humas DIY Berita,

HPKN Fondasi Kemajuan Bangsa

Yogyakarta (01/03/2024) jogjaprov.go.id – “Kedaulatan yang Beradab Penentu Masa Depan Bangsa” menjadi tema Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN) tahun 2024 yang merefleksikan sebuah ajakan untuk “gumregah” dan “manunggal nyawiji”, menuju ke sebuah tataran, di mana kedaulatan sejati menjadi fondasi bagi kemajuan bangsa. Peringatan ini juga menjadi penanda, di mana kedaulatan tidak lagi hanya terbatas pada wilayah fisik atau sejarah, melainkan sudah harus merasuk ke denyut kehidupan masyarakat.

Ketua Pengadilan Tinggi DIY, Setyawan Hartono, menyampaikan hal demikian saat bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara Tahun 2024 DIY pada Jumat (01/03) di Stadion Mandala Krida, Umbulharjo, Yogyakarta. Pada upacara ini, Setyawan menyampaikan amanatnya dengan khidmat.

Setyawan mengatakan, kedaulatan menjadi praktik harian yang merasuki setiap interaksi dan setiap kebijakan, yang ditujukan untuk memajukan bangsa. “Saat ini adalah era, di mana masa depan bangsa ditentukan oleh perbuatan nyata, yang lahir dari seberapa dalam kita memahami, menghargai, dan menerapkan kedaulatan, dalam bingkai keberagaman, keadilan, dan kemakmuran,” ungkap Setyawan.

Menurut Setyawan, dalam tataran ini, Penegakan Kedaulatan Negara menjadi katalis yang menginspirasi kedaulatan rakyat dalam wujud yang lebih luas. Pertama, Kedaulatan Budaya, di mana kekayaan dan keragaman budaya bangsa menjadi pilar identitas nasional. Kedua, Kedaulatan Sosial, tempat setiap individu dihargai dan dilindungi, memastikan tidak ada yang tertinggal atau dilupakan.

Ketiga, Kedaulatan Ekonomi, di mana kesejahteraan dibangun atas dasar keadilan dan kesetaraan, memungkinkan setiap warga negara berkontribusi dan menikmati hasil Pembangunan. Keempat, Kedaulatan Politik, yang menjamin kebebasan berpikir, berbicara, dan berpartisipasi dalam kehidupan berdemokrasi.

"Seiring pemaknaan itulah, marilah mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas anugerah dan petunjuk-Nya, yang telah memungkinkan kita untuk bersatu dalam pemaknaan perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya, agar bangsa ini senaniasa ditunjukkan jalan lurus, dalam memaknai Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara melalui karya nyata,” imbuh Setyawan.

Peringatan HPKN Tahun 2024 juga turut dimeriahkan dengan penampilan teatrikal sejarah Komunitas Yogyakarta 1945 yang berkolaborasi dengan Sanggar Seni Tari Srikandi Adhimukti. Persembahan teatrikal sejarah ini mengusung tema “Gelora Rakyat Mataram Menegakkan Kedaulatan Negara” yang menceritan perjuangan searangan umum 1 maret 1949.

Adapun Upacara HPKN Tahun 2024 DIY ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X. Hadir pula para Kepala OPD di lingkungan Pemda DIY, jajaran Forkopimda DIY, dan segenap hadirin tamu undangan lainnya. Tidak hanya itu saja, upacara juga digelar di halaman kantor Gubernur DIY, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Upacara diikuti oleh segenap pegawai Pemda DIY beserta jajaran pejabatnya. Bertindak sebagai inspektur upacara, Plt. Asisten Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum, Dewo Isnu Broto. (ham/uk/ts/wpt)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: