24 Mar 2022

IM-NKK Pemda DIY Raih Kategori Tinggi

YOGYAKARTA (24/03/2022) jogjaprov.go.id - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menyerahkan apresiasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) DIY yang berhasil meraih kategori Tinggi untuk dalam Pilot Project Pengukuran Indeks Maturitas Penerapan Nilai Dasar, Kode Etik, dan Kode Perilaku (IM-NKK) ASN. Pemda DIY masuk dalam tiga besar instansi yang mendapat kategori Tinggi.

Penyerahan apresiasi ini dilakukan langsung oleh Ketua Komisi ASN, Agus Pramusinto kepada Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X pada Kamis (24/03) di Ndalem Ageng, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Dalam kesempatan ini, Sri Paduka mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan, sehingga Pemda DIY bisa mengetahui sejauh mana kualitas IM-NKK ASN di DIY.

“Dengan dipilihnya Pemda DIY menjadi salah satu peserta Pilot Project Pengukuran IM-NKK ASN ini, jadi ada pihak yang meneropong bagaimana kami selama ini. Tentu hasil ini bisa jadi bahan evaluasi bagi kami,” ungkap Sri Paduka.

Menurut Sri Paduka, hasil penilaian yang dilakukan KASN teerhadap Pemda DIY cukup menggembirakan. Namun, Sri Paduka juga menegaskan jika apresiasi ini merupakan awal tantangan bagi Pemda DIY untuk minimal bisa mempertahankannya, bahkan jika memungkinkan bisa ditingkatkan.

“Selama ini kami mencoba untuk melakukan transformasi brokrasi secara bertahap. Apresiasi ini juga merupakan buah dari bibit yang kami tanam selama ini. Dan apapun itu, evaluasi ini tentu menjadi bahan bagi kami untuk bisa menemukan lagi apa yang masih kurang dari kami,” papar Sri Paduka.

Ketua KASN, Agus Pramusinto usai penyerahan mengatakan, pihaknya telah melakukan program pilot project untuk pengukuran IM-NKK yang berlaku. Dan Pemda DIY adalah salah satu dari 16 instansi yang dijadikan pilot project. Dari hasil pengukuran, Pemda DIY berhasil masuk kategori Tinggi yang merupakan kategori tertinggi dalam pengukuran kali ini.

“Yang meraih kategori Tinggi ada tiga, yaitu Kementerian Keuangan, BSSN dan Pemda DIY.  DIY sendiri meraih skor 275 atau indeks 0,92. Dengan prestasi ini tentu kami memberikan apresiasi atas kerja kerasnya (Pemda DIY) dan kami juga berharap ini menjadi role model bagi pemerintah daerah lain,” paparnya.

Agus pun berharap Pemda DIY bersedia menjadi tempat belajar bagi daerah lain yang ingin meningkatkan IM-NKK ASN. Apalagi peningkatan IM-NKK ini menjadi bagian dalam upaya pemerintah pusat memperbaiki birokrasi di Indonesia.

“Dan tentu saja ini adalah salah satu upaya kita bersama menciptakan pemerintahan yang lebih efektif, yang bebas dari KKN dan sebagainya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BKD DIY, Amin Purwani mengungkapkan rasa syukurnya atas apresiasi yang diberikan KASN bagi Pemda DIY. Menurutnya, apresiasi ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh OPD di Pemda DIY untuk mempertahankan dan berupaya menjadi lebih baik.

“Ini adalah hasil kerja bareng atau kolaborasi kita semua antara OPD. Jadi meskipun BKD sebagai leading sector, kita juga bekerja sama dengan Biro Organisasi dan Inspektorat, tanpa meninggalkan semangat teman-teman di semua OPD,” imbuhnya. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: