22 Des 2021

Inspeksi Kesiapan Hotel di Jogja Jelang Nataru

Yogyakarta (22/12/2021) jogjaprov.go.id – Dalam rangka menjelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta (Disnakertrans DIY) berkolaborasi dengan Perusahaan Jasa Kesehatan Keselamatan Kerja (PJK3) Jateng DIY melakukan support untuk sektor pariwisata terkait kesiapan hotel di Jogja menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Inspeksi ini dilakukan pada hari Rabu (22/12) di tiga hotel yang berada di Kawasan Sumbu Filosofis yaitu Hotel Harper, Arjuna, dan Grand Zuri.

Sebelumnya, Disnakertrans DIY telah memulai kegiatan inspeksi ini pada awal bulan Desember sampai menjelang libur Nataru. Kegiatan monitoring dan evaluasi terus dilakukan guna mencegah dan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi selama musim libur Nataru.

Kepala Disnakertrans DIY, Aria Nugrahadi, ST, M.Eng., menyebutkan bahwa kegiatan inspeksi pada hotel perlu dilakukan mengingat Jogja sebagai kota tujuan wisata tentu akan dipenuhi oleh wisatawan pada musim libur Nataru. “Oleh sebab itu, Jogja masih dalam suasana kewaspadaan terkait dengan CoViD-19, maka dalam konteks ini, Disnaker mempunyai kewenangan untuk melakukan monitoring dan pengecekan. Baik itu terkait dengan Protokol Kesehatan (5M), penerapan aplikasi PeduliLindungi, pemeriksaan serta pengujian alat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Pemeriksaan dan pengujian alat K3 antara lain terkait dengan lift, pemadam kebakaran, kelistrikan, genset, dan penangkal petir,” terang Kepala Disnakertrans DIY. Disampaikan pula olehnya, kolaborasi antara Disnakertrans DIY dan PJK3 adalah dalam rangka mensosialisasikan terkait pentingnya pemeriksaan dan pengujian alat K3. “Dan kita mendapatkan support untuk CSR ini ada di 15 hotel di Jogja,” imbuhnya.

Adapun monitoring dan evaluasi yang dilakukan adalah mencakup peralatan K3, protokol kesehatan seperti; mencuci tangan dengan sabun, pengukuran suhu tubuh, menjaga jarak dan lain sebaginya. Juga terkait dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam rangka 3T (Testing, Tracing, Treatment), kesiapan Satgas CoViD pada setiap unit kerja dalam hal operasional, prokes maupun penerapan aplikasi PeduliLindungi.

“Untuk penerapan aplikasi PeduliLindungi juga sudah kita lakukan pengecekan, dan semua yang mengakses kepada fasilitas hotel tersebut sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” ucapnya.

Hadir pada acara inspeksi hari ini Asisten Sekda DIY Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Sumadi SH, MH., dan Wakil Wali Kota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA. (fk)

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: