29 Apr 2024
  Humas DIY Berita,

JAB Fest 2024 Wujud Kemewahan Seni dan Literasi Jogja

Yogyakarta (29/04/2024) jogjaprov.go.id – Yayasan Seruang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Jogja Art + Books Festival (JAB Fest) pada 1-14 Mei 2024. Acara ini direncanakan akan bertempat di The Ratan dan Kampoeng Mataraman Yogyakarta.

Dalam jumpa pers sosialisasi program JAB Fest 2024, Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Laksmi Pratiwi mengatakan, program JAB Fest sebagai wajah keistimewaan budaya Jogja secara nasional dan Internasional. Event Jogja Art + Books Festival 2024 ini adalah kerjasama Dinas Kebudayaan dengan Yayasan Seruang merupakan upaya membangun kemitraan lembaga pelestari budaya.

“Literasi memberikan kekuatan pada setiap karya seni dan memberikan energi pada laku kebudayaan yang tumbuh dan bergerak sebagai identitas keistimewaan Yogyakarta, dengan terlaksananya JAB Fest 2024 ini dapat menjadi indeks pembangunan kebudayaan melalui literasi. Dan menjadi titik loncat forum seni berkibar bukan hanya di tingkat nasional tapi tingkat internasional,” ungkap Dian pada Senin (29/04) di Unit IX, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Program JAB Fest 2024 ini sebagai bagian penguatan literasi dan pengembangan kebudayaan melalui dana keistimewaan Yogyakarta. Terdapat delapan program yaitu Diskusi Buku, Perfomance Lecture, Berbincang, Seniman Bicara, Pameran Seni Rupa, The Sounds of Poetry, Penulis Bercerita, dan Bazar Buku.

Ketua Program JAB Fest 2024, Dodo Hartoko mengatakan gelaran pada tahun kedua mempertegas wajah keistemewaan Yogyakarta dari seni dan literasi yang menjadi akar budaya masyarkatnya, dengan menyediakan kuota awal 100 orang menjadi 400 orang disebabkan antusiasme animo masyarakat cukup tinggi. Acara JAB Fest menjadi festival dengan forum edukasi dan budaya jangka panjang, bagaimana literasi dan seni saling berkaitan satu sama lainnya.

Dodo menyebut, sederet nama besar penggerak seni dan literasi akan meramaikan diantarannya Eko Nugroho, Afrizal Malna, Leila S Chudari, Silampukau, Saut Sitomorang, St. Sunardi, Puthut EA, Erizal dan lain sebagainnya. “Festival ini bermaksud menunjukkan kemewahan Jogja dari pertemuan seni dan listerasi yang dihidupi dan digerakkan oleh masyarakatnya.  Serta secara khusus, JAB Fest 2024 memberikan ruang seniman membicarakan karyanya dalam merefleksikan mooi indie  dari masa ke masa.”  

Kepala Seksi Perencanaan, Dwi Wardhani Naraswari menambahkan bahwa program JAB Fest menjadi bagian dari strategi menunjukkan identitas keistimewaan Yogyakarta dari aspek literasi budaya yang telah direncanakan oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Seluruh rangkaian acara JAB Fest dapat dinikmati secara gratis dan berlangsung setiap harinya mulai dari pukul 10.00 – 22.00 WIB. Jadwal acara dan beberapa program dengan program regristrasi dapat diakses melalui tautan pada instagram @jogja.artbooks.fest.  (aul/uk/han/yd)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: