02 Mar 2024

Jayapatra, Kontribusi Yogyakarta Bagi Kedaulatan Negara

Jakarta (01/03/2024) jogjaprov.go.id -Rentetan singkat dari dedikasi Yogyakarta untuk Indonesia hadir dalam pameran bertajuk 'Jayapatra, Langkah Jogja Bagi Bangsa' di area pintu masuk Aula Simfoni Jakarta selama dua hari pada Jumat (01/03) hingga Sabtu (02/03). Pameran temporer ini merupakan wujud kontribusi Yogyakarta sebagai ibu kota negara pada saat itu yang berperan cukup besar terhadap penegakan kedaulatan.

Pameran tersebut dihelat bersamaan dengan “Konser Hari Penegakan Kedaulatan Negara - Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) 2024. Pameran dalam rangka memperingati Hari Penegakan Kedaulatan Negara ini sebagai upaya menarik kembali sejarah panjang Yogyakarta sebagai kota kerajaan yang memiliki pengaruh atas kelahiran republik.

Hadir langsung Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi putri sulungnya GKR Mangkubumi dan Wagub DIY KGPAA Sri Paduka Paku Alam X beserta istri. Hadir pula para duta besar atau perwakilannya, pejabat di lingkungan Pemerintah Pusat maupun Pemda DIY, stakeholder dan masih banyak lagi tamu undangan lainnya.

Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Nityabudaya sekaligus penanggung jawab pameran GKR Bendara menyampaikan Jayapatra akan mengajak seluruh pengunjung untuk menilik kembali perjuangan kemerdekaan Indonesia beserta ragam upaya mempertahankan kedaulatan Negara 

Pihaknya menaruh harapan pameran ini dapat menjadi sarana edukasi kepada masyarakat lebih luas terkait peranan Yogyakarta dalam upaya mempertahankan kedaulatan negara. Pameran dibuka selama 2 hari, hari pertama untuk tamu undangan dan hari kedua bagi umum.

"Tak hanya untuk pemegang tiket konser, di hari kedua semua yang ingin menyaksikan Pameran Jayapatra bisa hadir di Aula Simfonia Jakarta. Untuk itu, khusus di hari kedua Sabtu (02/03), kami buka sejak pukul 10.00 pagi dan gratis,” ujar GKR Bendara.

GKR Bendara menyampaikan Yogyakarta tak sekadar menjadi ibu dari tata negara yang berpindah, namun seketika menjadi motor yang membawa laju pemerintahan hingga pengakuan kedaulatan resmi diperoleh Indonesia,.Momentum Serangan Umum 1 Maret adalah titik balik dari perlawanan dalam mempertahankan kedaulatan negara.

"Momentum ini menjadi sarana refleksi atas perjuangan panjang dalam merebut kemerdekaan sekaligus mengejawantahkan berbagai praktik dalam menjaga kemerdekaan. Selamat menikmati memorabilia perjuangan Yogyakarta dalam menjaga kedaulatan Indonesia," imbuh putri bungsu Raja Keraton Yogyakarta.

Aktris Sara Wijayanto yang menghadiri pameran Jayaprata tersebut mengaku sangat senang sekali diundang pertama kalinya dalam acara Keraton Yogyakarta. " Ini perdana datang di undang Keraton Yogyakarta, seru dan senang sekali. Happy aja bisa berada disini karena Yogya selalu dekat di hati," ucapnya. (Fn/Sd/Rcd/Im/Ip)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: