17 Sep 2022
  Humas DIY Berita,

JBR 2022 Diharap Ikut Dorong Kebangkitan Ekonomi dan Pariwisata DIY

Yogyakarta (17/09/2022) jogjaprov.go.id – Setelah sempat mengalami vakum penyelenggaraan selama 7 tahun, event bergengsi yang menjadi program nasional organisasi Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), yakni Jogja Bike Rendezvous (JBR) kembali digelar di tahun 2022 ini. Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X mewakili Gubernur DIY secara resmi membuka Jogja Bike Rendezvous 2022, Sabtu (17/09) bertempat di Jogja Expo Center (JEC), Bantul, Yogyakarta.

Membacakan sambutan Gubernur DIY, Sri Paduka menyampaikan, penyelenggaraan JBR 2022 dengan mengusung tagline “Ride and Rise as Unity”, menjadikan acara ini sebagai gerakan linier di dalam mendukung Indonesia pada presidensi G-20 (Recover Together, Recover Stronger). “Besar harapan perhelatan ini dapat menjadi stimulus kebangkitan ekonomi, hiburan, dan juga promosi pariwisata pada masa pasca pandemi Covid-19,” tutur Sri Paduka.

Tak luput, Sri Paduka juga berharap, agar penyelenggaraan JBR 2022 ini dapat berjalan dengan lancar, aman, dan tertib. Dengan demikian kegiatan tersebut dapat memberikan kontribusi yang optimal demi kemajuan dunia otomotif, khususnya motor di Yogyakarta dan Indonesia.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, turut dilaksanakan pengukuhan dan pelantikan Pengurus Daerah (Pengda) HDCI DIY, Pengurus Cabang (Pengcab) HDCI Kota Yogyakarta, Pengcab HDCI Bantul, Pengcab HDCI Sleman, dan Pengcab HDCI Gunungkidul untuk periode masa bakti 2021-2024 serta Pengcab HDCI Kulon Progo untuk periode masa bakti 2022-2025. Prosesi pengukuhan dan pelantikan tersebut dilakukan oleh Ketua Umum HDCI, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra.

Adapun Teddy dalam sambutannya berpesan kepada para Pengda dan Pengcab HDCI DIY yang baru dilantik untuk senantiasa mengingat tiga landasan dalam berorganisasi. Landasan pertama ialah landasan konstitusional, yaitu UUD 1945 dan Pancasila. Landasan kedua merupakan landasan spiritual, yakni 7 Budi Utama dan landasan ketiga adalah landasan operasional, yaitu enam nilai HDCI (kebersamaan, kekeluargaan, persaudaraan, inklusif, horizontal, dan sosial).

“Enam nilai HDCI ini substansinya hanya ada dua, kita harus solid ke dalam dan sinergi ke luar. Itu pesan saya kepada pengurus daerah dan beberapa pengurus cabang yang baru saja dilantik,” ujar Teddy.

Teddy turut menyampaikan, pihaknya sungguh memahami kondisi bangsa Indonesia di masa pasca pandemi Covid-19 ini. Oleh karena itu, penyelenggaraan kembali JBR 2022 setelah sempat vakum selama 7 tahun ini berisikan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, salah satunya adalah bakti sosial. Selain itu, dikatakan Teddy, kurang lebih sebanyak 1500 bikers telah hadir di Yogyakarta untuk turut mendukung kegiatan tersebut. Dengan jumlah kunjungan tersebut, diharapkan event JBR 2022 ini dapat turut mendorong pemulihan ekonomi dan pariwisata DIY.

“HDCI sepakat menetapkan tema besar acara JBR ini adalah bakti sosial, HDCI peduli wong cilik, HDCI peduli UMKM, dan HDCI peduli terhadap bangkitnya pariwisata. Saya tekankan setelah ini, kepada seluruh Pengda dan Pengcab, untuk meningkatkan kepedulian sosial kepada masyarakat atau social awareness. Juga kepedulian lingkungan, environtment awareness. Kita beri manfaat kepada seluruh UMKM yang ada di sekitar kita,” jelas Teddy.

Sementara itu, Ketua Panitia JBR 2022, Sobri Emiga Sando melaporkan bahwa penyelenggaraan JBR 2022 telah dimulai sejak 16 September 2022 dengan agenda kegiatan, yakni Drag Race Harley Davidson di Pantai Depok. Penyelenggaran JBR 2022 ini sendiri berlangsung selama tiga hari, yakni pada 16-18 September 2022.

Adapun penyelenggaraan serangkaian kegiatan lain dari JBR 2022 pada hari kedua dan ketiga (17-18/09) berpusat di Jogja Expo Center (JEC). JEC akan menjadi lokasi kegiatan mulai dari gathering para biker, motor show Harley Davidson, pameran stand-stand UKM dan UMKM DIY, hingga konser pesta rakyat, dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, turut dilakukan penyerahan plakat kehormatan dari panitia JBR 2022 yang diserahkan oleh Ketua Panitia JBR 2022, Sobri Emiga Sando kepada Wakil Gubernur DIY. Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB) Indah Juanita, Pengcab dan Pengda HDCI seluruh Indonesia, serta hadirin peserta lainnya. (Han/Sd/Jhn)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: