16 Okt 2022
  Humas DIY Berita,

Jogja Fashion Carnival Magnet Wisata DIY

Yogyakarta (15/10/2022) jogjaprov.go.id – Untuk mengobati rasa rindu dari pelaku industri fashion, Dinas Pariwisata DIY kembali menggelar event tahunan Jogja Fashion Carnival. Jogja Fashion Carnival tahun 2022 berlangsung pada Sabtu (15/10) di sepanjang Jalan Malioboro Yogyakarta.

Sekda DIY R. Kadarmanta Baskara Aji, resmi membuka acara Jogja Fashion Carnival tahun 2022. “Saya ingin sampaikan apresiasi dan penghargaan saya kepada Ibu Bapak sekalian yang kali ini hadir, baik itu yang sudah usia sepuh, yang masih remaja maupun yang masih anak-anak, mari kita saksikan kreativitas-kreativitas dari insan-insan yang selama ini sudah peduli dengan Daerah Istimewa Yogyakarta, maka atas perkenan Ibu Bapak sekalian dan selalu mohon rida Allah subhanahu wa taala maka Jogja Fashion Carnival Tahun 2022 saya nyatakan dibuka dengan resmi”, tutur Aji.

Disampaikan oleh Aji, Jogja sebagai kota wisata tentu tiada hari tanpa event. Hal ini dilakukan untuk memuaskan pengunjung yang sudah datang ke Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai satu rangkaian upaya mendatangkan wisatwan berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta. “Hari ini kita menyelenggarakan event dan memberikan wadah kepada para komunitas maupun perorangan yang penuh kreativitas, bukan hanya di Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri tetapi juga dari kawan-kawan lain, dari provinsi lain, dari kota-kota lain," ungkapnya.

Dikatakan olehnya, event ini sekaligus mangayubagya Pelantikan Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam X pada tanggal 10 Oktober sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Periode 2022-2027. Aji mengajak seluruh peserta dan hadirin untuk mendoakan kebaikan bagi Sri Sultan dan Sri Paduka. “Mari, kita bersama-sama berdoa mudah-mudahan beliau selalu diberikan usia yang panjang, selalu diberikan kesehatan dan selalu bisa menjadi pengayom dan suri teladan bagi kita”, tutur Aji.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menjelaskan, Jogja Fashion Carnival tahun sebelumnya telah dilakanakan di Tebing Breksi Sleman, namun karena situasi  dan kondisi yang belum memungkinkan maka pada tahun ini Jogja Fashion Carnival tahun 2022 dilaksanakan di sepanjang Malioboro. Mengusung tema “Abiwada Arsana” yang mengandung makna “Kegembiraan Penuh Keceriaan”, Jogja Fashion Carnival menjadi bagian dari memperingati Hari Batik sekaligus mangayubagya Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

Disampaikan olehnya, pada kesempatan Jogja Fashion Carnival 2022 ini diikuti sebanyak 21 kelompok peserta dari DIY dan luar DIY, terdiri dari 3 kategori kostum yaitu Budaya, Sejarah dan Pendidikan dengan bahan batik dan ornamen yang sesuai dengan tema. “Ini kami lakukan dalam rangka untuk saling mengisi, saling memberikan motivasi untuk pengembangan Fashion Carnival yang ada di Jogjakarta, kami menghadirkan dari Solo dari Malang dan tentunya ini juga berasal dari komunitas penggerak atau penggiat Fashion Carnival itu sendiri. Kami juga berkolaborasi dengan para penggiat fashion yang ada di Jogjakarta,” jelasnya. Singgih berharap, semoga event ini juga akan lebih menggeliatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan Kepala Kantor Perwakilan BI Yogyakarta, perwakilan Direktur BPD, perwakilan BOP, HIPMI, ASITA, PHRE, seluruh Dinas Pariwisata Kabupaten Kota Yogyakarta, perwakilan OPD di lingkungan Pemda DIY serta tamu undangan lainnya. (Fk)

 

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: