28 Jun 2022
  Humas DIY Berita,

Kejurda Bola Voli Pasir Junior DIY, Ajang Pembibitan dan Evaluasi Pembinaan Atlet

Yogyakarta (28/06/2022) jogjaprov.go.id – Kejuaraan Daerah (Kejurda) Bola Voli Pasir Junior DIY Tahun 2022 telah resmi dibuka. Kejurda yang berlangsung sejak 28 Juni - 1 Juli 2022 tersebut, tidak hanya menjadi ajang pembibitan melainkan juga menjadi ajang evaluasi atas pembinaan yang telah dilakukan oleh masing-masing klub kepada para atlet junior yang berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut.

Hal ini disampaikan Sekretaris Umum Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Bolavoli Seluruh Indonesia (PBVSI) DIY Priya Santosa saat memberikan sambutan dalam acara Upacara Pembukaan Kejurda Bola Voli Pasir Junior DIY Tahun 2022 pada Selasa (28/06) sore. Acara tersebut digelar di Stadion Mandala Krida, Umbulharjo, Yogyakarta.

“Atas nama Pengprov PBVSI mengucapkan terima kasih banyak kepada pengkab/pengkot kabupaten/kota yang sudah bisa ambil bagian dalam mengikuti Kejuaraan Daerah Bola Voli Pasir Junior DIY ini di Tahun 2022. Ini memang menjadi program kami dari Pengprov PBVSI Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka untuk pembibitan,” tutur Priya yang hadir mewakili Ketua Umum Pengda PBVSI DIY Kadarmanta Baskara Aji yang sehari-hari juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah DIY.

Priya mengatakan, pihaknya tidak menyangka bahwa Kejurda Bola Voli Pasir Junior DIY ini diikuti oleh peserta dengan jumlah yang cukup banyak. Priya pun berharap, kejurda ini bisa menjadi langkah awal agar bola voli dapat semakin digemari dan diminati oleh banyak kalangan.

“Semoga ini menjadi awal yang baik bagi kita semua bahwa bola voli itu semakin digemari, semakin diminati oleh banyak kalangan, sehingga pola pembibitan kami nanti bisa berkelanjutan tanpa ada jeda sehingga regenerasi akan bisa berjalan secara terus-menerus,” ucap Priya.

Diungkapkan Priya bahwa di samping pembibitan, Kejurda Bola Voli Pasir Junior DIY ini juga sebagai ajang evaluasi atas pembinaan yang sudah dilakukan di masing-masing klub. “Karena dari sini pula sebenarnya kita melihat bagaimana potensi yang dimiliki oleh masing-masing klub. Kita bisa lihat secara jelas terkait apa pembinaan yang sudah kita lakukan. Dari sini pula kita bisa mengevaluasi akan kekurangan-kekurangan kita yang sudah ada, sehingga bisa kita tingkatkan untuk masa-masa yang akan datang,” terang Priya.

Lebih lanjut Priya menambahkan, Kejurda Bola Voli Pasir Junior DIY ini pun menjadi ajang seleksi dalam rangka menuju Kejurnas Bola Voli Pantai Junior di waktu mendatang. “Barangkali nanti yang terbaik akan kita proyeksikan untuk mengikuti kejurnas pada saatnya nanti kita mendapatkan edaran dari Pengurus Besar (PB) ketika ada kejurnas itu. Sehingga kita bisa ambilkan dari atlet-atlet yang memang punya potensi yang kita ambil dari seleksi ini,” ujar Priya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Bidang Pembibitan dan Pembinaan Prestasi KONI DIY Wesley Tauntu menyampaikan, KONI DIY menyambut baik pelaksanaan Kejurda Bola Voli Pasir Junior DIY Tahun 2022 ini. Dikatakan Wesley, cabang voli pasir di DIY menjadi salah satu cabang unggulan dan prioritas KONI.

“Itu bisa terlihat dari pembinaan-pembinaan yang dilaksanakan, termasuk pada pelaksanaan kejurda junior hari ini. Tentunya ini menjadi modal yang luar biasa karena kita ketahui pada tahun ini, kita juga akan melaksanakan PORDA, pada tahun 2023 kita sudah masuk pada persiapan Pra PON, dan 2024 kita akan mengikuti PON,” jelas Wesley.

Selain itu, Wesley menyebutkan, seperti yang diketahui bersama bahwa tiga atlet bola voli pantai DIY berhasil meraih medali emas dan perak pada ajang Sea Games XXXI di Hanoi, Vietnam pada beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, Wesley berharap, para atlet bola voli junior ini bisa menjadi pengganti atlet-atlet senior yang saat ini sudah berkecimpung di level nasional bahkan internasional, menjadi duta-duta DIY khususnya cabang olahraga voli pasir.

Sementara itu, Ketua Panitia Joko Sutrisno melaporkan bahwa Kejurda Bola Voli Pasir Junior DIY Tahun 2022 ini diikuti oleh 17 klub yang berasal dari kabupaten/kota se-DIY. Adapun, jumlah keseluruhan peserta, yaitu terdiri dari 19 tim putra dan 18 tim putri.

“Alangkah bahagianya bahwa tim bola voli pasir dari masing-masing klub di setiap kabupaten dan kota di Yogyakarta ini sekarang sudah berkembang pesat, sehingga hampir setiap klub mempunyai tim bola voli pasir. Harapan kami dari anak-anak ini nanti atau atlet ini nanti akan berkembang menjadi atlet sampai ke tingkat nasional maupun internasional,” kata Joko. (Han/Sd/Jhn)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: