29 Jul 2022
  Humas DIY Berita,

Kejurda Bola Voli Senior DIY, Ajang Seleksi Atlet Terbaik

Yogyakarta (29/07/2022) jogjaprov.go.id – Penyelenggaraan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Bola Voli Antar Klub Senior DIY Tahun 2022 tidak hanya bertujuan sebagai ajang evaluasi bagi pelatih terhadap capaian prestasi para atlet bola voli. Kompetisi tersebut juga sebagai ajang seleksi atlet bola voli terbaik yang akan dipersiapkan untuk mengikuti Kejurnas Bola Voli Antarklub Livoli Divisi 1 Tahun 2022 mendatang dan kejuaraan bola voli Piala Raja.

Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Dikpora DIY, Priya Santosa menyampaikan hal demikian saat memberikan sambutan dalam upacara Pembukaan Kejurda Bola Voli Antar Klub Senior DIY Tahun 2022 pada Jumat (29/07) di GOR Amongraga, Yogyakarta. Adapun kompetisi yang berlangsung sejak 29 Juli - 4 Agustus 2022 mendatang ini diselenggarakan untuk memperebutkan piala Ketua Umum Pengda PBVSI DIY – Bank BPD DIY.

Priya yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Pengda PBVSI DIY menyampaikan bahwa melalui kompetisi ini, diharapkan semua pelatih dari masing-masing klub bola voli bisa menyaksikan, mulai dari strategi, pola permainan, kerja sama, hingga capaian prestasi dari setiap tim yang bertanding. Hal tersebut kemudian untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi setiap pelatih klub bola voli dalam menentukan dan menerapkan pola pembinaan yang lebih baik di masa depan.

Selain itu, Priya juga mengimbau kepada para atlet bola voli yang berkompetisi dalam Kejurda ini agar dapat menunjukkan kemampuan mereka secara maksimal. Hal tersebut dikarenakan, Kejurda ini juga sebagai ajang seleksi atlet bola voli terbaik yang akan dipersiapkan untuk mengikuti Kejurnas Bola Voli Antarklub Livoli Divisi 1 Tahun 2022 mendatang.

Melalui Kejurnas ini, para pemenang juara satu dan dua akan dipilih dan dipersiapkan untuk dikirim, mengikuti Kejurnas Bola Voli Antarklub Livoli Divisi 1 Tahun 2022 mendatang. Selain itu, para pemenang juara satu, dua, tiga, dan empat dari Kejurda ini juga akan diambil dan dipersiapkan untuk mengikuti kejuaraan bola voli Piala Raja.

“Saya berharap kesempatan ini bisa kita pergunakan dengan sebaik-baiknya. Kita tunjukkan kemampuan kita secara maksimal. Yang terbaik itulah yang akan kita pilih. Juara satu dan dua nanti akan kita kirim ke Livoli Divisi 1, dan yang juara satu, dua, tiga, dan empat akan kita persiapkan untuk Piala Raja,” terang Priya.

Lebih lanjut, Priya mengatakan, Kejurda ini juga bisa menjadi ajang untuk mengukur kemampuan para atlet yang berkompetisi. Tidak luput, Priya turut menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan dan berkontribusi demi kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan Kejurda ini.

“Harapan kami, kejuaraan ini bisa berlangsung dengan baik, mulai hari ini sampai dengan tanggal 4 Agustus 2022 nanti,” ucap Priya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto dalam sambutannya mengatakan bahwa terdapat dua hal yang dapat menjadi tolok ukur kesuksesan pembinaan bola voli di DIY. Pertama adalah terdapat sejumlah atlet bola voli DIY yang dapat ikut bergabung, menjadi bagian dari Tim Nasional (Timnas) Bola Voli Indonesia dan yang kedua, yakni berhasil meloloskan atlet bola voli DIY di PON XXI 2024 Aceh dan Sumatera Utara mendatang.

“Oleh sebab itu, adek-adek sekalian pastikan, kompetisi ini menjadi bagian untuk mengasah kualitas skill anda sekalian untuk menuju dua hal tadi. Menjadi timnas, dan yang kedua adalah meloloskan DIY ke PON Aceh dan Sumatera Utara,” ujar Djoko.

Sebagai informasi, para peserta atlet bola voli yang berkompetisi dalam kejurda ini terdiri dari 12 tim putra dan 12 tim putri yang merupakan hasil seleksi dari kejuaraan tingkat kabupaten/kota di DIY. Kab. Bantul, Kab. Sleman, dan Kab. Gunungkidul diwakili oleh 3 klub, baik tim putra maupun tim putri. Kota Yogyakarta sendiri diwakili oleh 2 klub sementara Kab. Kulon Progo diwakili oleh 1 klub, masing-masing baik tim putra maupun tim putri.

Adapun juara dalam Kejurda ini akan mendapatkan piala, uang pembinaan total sebesar Rp. 15 juta, dan piagam penghargaan. Turut hadir dalam upacara pembukaan Kejurda Bola Voli Antar Klub Senior DIY Tahun 2022 tersebut, Kepala Cabang Utama Bank BPD DIY Iwan Agus Ridwanta, Wakil Ketua Umum Pengda PBVSI DIY Suhadi, para jajaran pengurus Pengda PBVSI DIY, Ketua Umum Pengkot/Pengkab PBVSI se-DIY, serta hadirin tamu lainnya. (Han/Sd/Jhn)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: