17 Nov 2022
  Humas DIY Berita,

Kejurnas Silat PD Antar Pelajar VI 2022 Harus Beri Multiplier Effect

Yogyakarta (17/11/2022) jogjaprov.go.id – Penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Silat Perisai Diri (PD) Antar Pelajar VI Tahun 2022 diharapkan dapat memberikan multiplier effect bagi berbagai pihak. Oleh karenanya, jalinan kerja sama yang terencana dengan baik dan tepat sangat diperlukan.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengutarakan hal demikian saat menerima audiensi Panitia Kejurnas Silat Perisai Diri Antar Pelajar VI Tahun 2022 pada Kamis (17/11). Audiensi tersebut berlangsung di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

“Jadi lebih ada kemaslahatan. Di sana, di Malang mungkin juga ada ada temen-temen PD (Perisai Diri) yang juga pengusaha atau apa, (bisa dilihat) apa sih yang bisa kita rangkul. Jadi multiplier effectnya kemudian nilai tambahnya ada. Kan menyenangkan gitu, ini lho keluarga kami,” tutur Sri Paduka.

Pada audiensi tersebut, Sri Paduka pun berpesan, agar para panitia Kejurnas Silat Perisai Diri Antar Pelajar VI Tahun 2022 tidak berkecil hati apabila selama penyelenggaraan kejurnas tersebut, terdapat hal-hal yang terjadi di luar rencana. Sri Paduka yakin, para panitia kegiatan tersebut telah berusaha untuk mempersiapkan penyelenggarakan Kejurnas tersebut dengan sebaik mungkin.

“Luput itu biasa. Jadi kita sudah merencanakan sedemikian rupa, bagaimana memfasilitasi tamu kemudian teman-teman panitia dan lain sebagainya, tetap saja ada (hal terjadi di luar dugaan), ya itulah dinamika. Kalau saya lebih kepada internal teman-teman bagaimana mendukung,” ujar Sri Paduka.

Mengetahui jumlah peserta kegiatan yang ditargetkan oleh penyelenggara sebanyak 1.000 peserta, Sri Paduka juga berharap, panitia dapat membantu mempersiapkan, menyediakan, dan mengarahkan peserta terkait akomodasi penginapan. Hal tersebut dapat dilakukan pihak panitia kegiatan melalui kerja sama bersama beberapa hotel, sehingga para peserta kejurnas yang berasal dari berbagai daerah se-Indonesia tersebut tidak merasa kebingungan dalam mencari tempat penginapan. “Yang penting bersih, ada AC dan air panas, bisa istirahat itu saja,” sebut Sri Paduka.

Terkait pelaksanaan Kejurnas Silat Perisai Diri Antar Pelajar VI Tahun 2022 ini, Sri Paduka turut berharap, para panitia penyelenggara kegiatan tersebut dapat sekaligus memberikan dukungan pemahaman terkait mental dan spiritual kepada para peserta. “Saya matur nuwun, ini semangat PD tetap ada, temen-temen PD masih bisa solid, dengan berbagai kesulitan yang ada,” ucap Sri Paduka.

Sementara itu, ditemui usai beraudiensi dengan Sri Paduka, Ketua Pelaksana Kejurnas Silat Perisai Diri Antar Pelajar VI Tahun 2022 Agus Zailudin menyampaikan, kejurnas tersebut akan dilaksanakan pada 18-24 Desember 2022 mendatang di GOR Gajah Mada, Kota Batu, Jawa Timur. Agus pun membenarkan bahwa target peserta dari kejurnas tersebut yakni minimal 1.000 peserta dari seluruh pelajar se-Indonesia.

Agus menyampaikan, pada kejurnas tersebut, piala yang diperebutkan di antaranya, Piala Bergilir Paku Alam X (Juara Umum SD); Piala Bergilir Paku Alam IX (Juara Umum SMP); dan Piala Bergilir Hamengku Buwono X (Juara Umum SMA/ sederajat). Sebagai informasi, diperkirakan jumlah sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan Kejurnas Silat Perisai Diri Antar Pelajar VI Tahun 2022 ini adalah sejumlah 50 lembaga pendidikan (SD s.d SLTA/ sederajat) yang melibatkan sekitar 700 orang pelajar Kelatnas Indonesia Perisai Diri dari dalam negeri. Selain itu, kegiatan ini juga akan mengundang pelajar Kelatnas Indonesia Perisai Diri yang berasal dari beberapa negara manca negara sebagai undangan khusus.

Mengusung tema “Generasi Muda Cinta Budaya Bangsa”, Kejurnas Silat Perisai Diri Antar Pelajar VI Tahun 2022 ini diselenggarakan bertujuan sebagai sarana bagi pelajar untuk mencintai budaya bangsa. Selain itu, juga sebagai sarana positif bagi pelajar untuk melatih fisik, mental, kedisiplinan, dan mengembangkan sikap sportivitas serta sebagai sarana untuk melahirkan atlit silat pelajar yang tangguh dan berprestasi baik di tingkat nasional dan internasional. (Han/Hk)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: