27 Nov 2012
  Humas Berita,

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tingkat DIY Diperingati Sederhana

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tingkat DIY Diperingati Sederhana

Kekayaan Biodiversity keanekaragaman hayati Indonesia sangat tinggi di dunia dengan 90 tipe ekosistem, 40.000 spesies tumbuhan dan 300.000 spesies hewan.

 

BANTUL, (27/11/2012).portal.jogjaprov.go.id. Sekda Daerah Istimewa Yogyakartaq Drs.H.Ichsanuri.MM menghjarapkan Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa 2012 Nasional Tingkat DIY menjadi momentum dalam melindungi dan memanfaaatkan Sumberdaaya Alam tersebut secara berkelanjutan keanekaragaman hayati Indonesia tersebut.

 

Harapan Sekda DIY disampaikan melalui sambutan tertulisnya yang dibacaakan Kepala badan Lingkuingan Hidup Setda DIY Ir.Djoko Wuryantaro.MSi pada Peringatan hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tingkat Provinsi DIY Tahun 2012 di Hutan Lindung milik Pelukis Djoko Pekid di Plataran Sambungan,Bangunjiwo,Kasihan,Bantul tadi pagi (Selasa, 27/11).

 

Menutut Ketua Panitia Penyelenggara Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa 2012 Nasional Tingkat DIY Maladi dalam laporan menjelasannya menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya Peringatan Cinta Puspa dan Satwa ini selain untuk meningkatkan kepedulian perlindungan, pelestarian puspa dan satwa serta untuk menumbuhkan, mengingatkan akan pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan kita.

 

Dalam rangka Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2012 menurut Maladi Panitia Tingkat DIY selain memperingatinya dengan melepas berbagai macam jenis burung ke hutan lindung, penebaran benih ikan nila merah dan hitam sebanyak 10 ribu ekor ke kali Bedog juga digelar Jalan sehat serta penanaman pohon penghijauan di lokasi hutan lindung milik Djoko Pekik , serta pemberian piagam penghargaan kepada pemenang evaluasi kampong hijau daerah Istimewa Yogyakarta yang masing-masing diraih oleh Kampung Hijau Karanganyar , Kelurahan Mergangsan, Kota Yogyakarta, Kampung Kemasan, Potorono Bantul, Kampung Banjaoyo,Kalibawang, Kulonprogo, Karangrejek, Wonosari,Gunungkidul.

 

Dibagian lain Sekda DIY melalui Kepala Badan Lingkungan Hidup Ir.Djoko Wuryantoro.MSi mengatakan bahwa Melestarikan puspa dan satwa berate menjaga keanekaragaman hayati dan hal tersebut merupakan modal penting bagi pemenuhan kebutuhan dasar manusia, sebagai penjaga keseimbangan ekosistem. Apalagi Indonesia menjadi salah satu Negara mega Biodiversity yang memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi di dunia dengan 90 tipe ekosistem, 40.000 spesies tumbuhan dan 300.000 spesies hewan. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan bagi pembangunan ekonomi nasional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, namun harus selalu memperhatikan sisi kelestarian dan keberlanjutannya.

 

Selain itu Sekda DIY mengharapkan agar dalam setiap memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) bukan hanya sekedar acara seremonial belaka, akan tetapi yang lebih penting adalah kesadaran dari dalam diri kita masing-masing untuk meningkatkan kepedulian perlindungan, dan pelestarian puspa dan satwa nasional.(Kar)

HUMAS DIY.

Bagaimana kualitas berita ini: