31 Des 2013
  Humas Berita,

Kelompok Tani, Ternak dan Petugas Berprestasi 2013 Dapat Bantuan dan Penghargaan

 

 

 

Kelompok Tani, Ternak dan Petugas Berprestasi 2013 Dapat Bantuan dan Penghargaan

 

YOGYAKARTA (31/12) - hasil Penilaian terhadap kinerja SKPD menunjukan bahwa DInas Pertanian DIY pada triwulan pertama dan kedua mendapatkan peringkat pertama sedang di Triwulan ketiga dan keempat menempati peringkat ketiga. Dari enam criteria penilaian kinerja yang meliputi perencanaan, pelaksanaan program, pengawasan dan pengendalian , pengelolaan anggaran, pengelolaan SDM, Pengelolaan barang dan pengelolaan arsip.

 

Demikian dikatakan Asisten Sekretaris II Sekda DIY Dr. Ir. Didik Purwadi. MEC pada acara Apel Akhir tahun Karyawan/Karyawati Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta di lapangan Upacara kantor Dinas Pertanian DIY hari ini Selasa (31/12).

 

Dikatakan Didik pula bahwa bahwa capaian kinerja pada aspek produksi pangan holtikultura di tahun 2013 ini bisa mencapai melampauhi target yang diharapkan meskipun masih kalah tinggi dari target yang dicapai di tahun 2012. Capaian target di tahun 2013 ini berhasil mencapai 3.686 ton lebih tinggi dari target yaitu 0,98 %.

 

Dari keberhasilan ini disebabkan oleh adanya penerapan tehnologi on farm berupa good agriculture. Penerapan prosedur operasional standar(SOP), fasilitas penyedia sarana dan prasarana serta serta penanganan pasca panen yang lebih baik. Disamping itu pula pemerintah menyediakan skema pembiayaan Dana penguatan Modal pemasaran Hasil pertanian ( DPM PHP) Demikian Ujar Asisiten II.

 

Sedang pada populasi ternak menurut didik lebih rendah 8,26 % dari pada populasi tahun 2012 hal ini setidaknya berkaitan dengan sejumlah factor antara lain efek rendahnya harga ternak, tahun sebelumnya, banyaknya ter4nak yang disembelih atau keluar ke wilayah jabodetabek, peralihan prefensi peternak dari sapi peternakan Ongole dan Brahman yang berangka kebuntingan tinggi ke sapi Australia-based seperti simental dan limousine. Yang kurang adaptif.

 

Direncanakan dijelaskan Didik bahwa di tahun 2014 nanti Dinas pertanian DIY akan mengelola APBD sebesar Rp. 55.633.936.660 dan APBN Rp. 45. 610.8855.000, oleh karenanya ditegaskan Asisten bahwa para calaon pengelola satuan kerja dan kegiatan untuk segera mengambil langkah- langkah yang strategis dan baik diantaranya melakukan pencermatan sasaran program dan kegiatan juga hal-hal yang sekiranya membutuhkan revisi, mengambil langkah taktis pelaksanaan kegiatan satker meliputi penyusunan juklak, juknis, ROK, Surat- surat keputusan yang diperlukan serta sturktur satker.

 

Pada kesempatan itu juga dalam acara Apel Akhir tahun karyawan/karyawati Dinas Pertanian DIY diberikan tali asih kepada para pegawai yang telah purna tugas serta diberikan bantuan dan piagam penghargaan kepada para kelompok tani, kelompok ternak, petugas berprestasi tahun 2013 oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY DR. Ir./ Didik Purwadi. MEC yang di damping oleh Kepala Dinas pertanian DIY Ir. Sungkono. (dyk)

 

HUMAS

 

Bagaimana kualitas berita ini: