26 Feb 2018
  Humas Berita,

Keunikan Karakteristik Geografis DIY Menarik Minat Mahasiswa UNHAN

Yogyakarta (26/02/2018) jogjaprov.go.id – Keunikan geografis Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi ketertarikan bagi Mahasiswa Fakultas Manajemen Universitas Pertahanan Indonesia sehingga melaksanakan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) ke Pemda DIY. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan di DIY setelah tahun 2016.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Asisten Administrasi Umum Sekda DIY Dra. Kristiana Swasti, MSi. , dan Kepala Bappeda DIY Drs. Tavip Agus Rayanto, MSi. berkesempatan menerima secara langsung mahasiswa UNHAN di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (26/02) pagi.

“Karakteristik geografis di Daerah Istimewa Yogyakarta ini unik, seluas 3.120 m2 menjadi daerah tingkat provinsi setelah Bali dan DKI namun mempunyai 3,6 juta penduduk yang terbagi dalam keempat kabupaten dan satu kota dengan 78 kecamatan serta 438 desa/kelurahan,” ucap Wakil Gubernur.

Secara aspek geografis, wilayah DIY tergolong subur dengan potensi alam yang berbeda di setiap kabupaten/kota, kondisi alam menjadi sumber potensi pariwisata, potensi sumber daya laut di wilayah pesisir DIY yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, sungai yang melintas di DIY berpotensi mendukung pengembangan wilayah, dan perkembangan penggunaan lahan di DIY.

Wagub DIY menyampaikan, atas dasar kondisi karakteristik DIY yang seperti itu maka Pemerintah Daerah DIY memformulasikan kebijakan pengembangan sektor pertanian, sektor kelautan, dan pengembangan pariwisata alam.

“Pemanfaatan keunggulan aspek geografi di Pemda DIY dapat optimal karena memperhatikan kelemahan-kelemahan yang ada, seperti antisipasi potensi bencana, penegasan aturan alih fungsi lahan dan manajemen pengelolaan sektor-sektor unggulan dari aspek geografi yaitu pertanian, kelautan, dan pariwisata,” ungkap Paku Alam X.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur DIY berpesan kepada mahasiswa Universitas Pertahanan Indonesia untuk bisa produktif dan berkualitas dalam membawa arah pembangunan nasional. Generasi muda sekaligus mahasiswa yang saat ini hadir pada forum ini memiliki sense yang kuat untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan secara produktif.

“Saya sangat percaya bahwa mahasiswa maupun sarjana yang memiliki jiwa enterpreneurship pasti akan memenangkan pertarungan global dan sukses di masa depan,” tutur Wakil Gubernur DIY.

“Kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah DIY yang sudah menerima kami untuk melakukan Kuliah Kerja Dalam Negeri,” ucap Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan Kemhan Laksda TNI Dr Amarullah Octavian ST, M.Sc, DESD.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Rektor II UNHAN, Dekan Fakultas Manajemen UNHAN, Dosen Pendamping KKDN Universitas Pertahanan Kemhan, Sekretaris Prodi UNHAN, Rektor UPN Veteran DIY, dan Kepala Sekolah BIAS Yogyakarta. (rk)

HUMAS DIY.

 

 

 

 

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: