05 Okt 2022
  Humas DIY Berita,

Kirab HUT ke-77 TNI, Sarana Pendekatan Pada Masyarakat

Yogyakarta (05/10/2022) jogjaprov.go.id – Memeriahkan HUT ke-77 TNI, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X hadir di tengah kirab Drumband Gita Dirgantara Taruna Akademi Angkatan Udara ( AAU ) Adisucipto Yogyakarta. Dilaksanakan di Jl. Malioboro, Yogyakarta, acara ini menjadi suguhan apik dan menarik bagi masyarakat yang turut memadati lokasi kirab.

Defile pasukan TNI dan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) ini memang rutin digelar tahunan, setiap HUT TNI. Sri Sultan mengatakan, persembahan dari TNI ini dinilai positif untuk mendekatkan diri pada masyarakat. TNI dan masyarakat adalah satu kesatuan, yang satu memberikan dukungan dan yang lain sebagai pelindung, penjaga keutuhan NKRI.

"Dirgahayu TNI Republik Indonesia, semoga hubungan antara TNI, Kepolisian, Pemda DIY, maupun warga masyarakat agar mampu mewujudkan, dan menegakkan keutuhan NKRI," kata Sri Sultan.

Pada kesempatan tersebut, Sri Sultan didampingi Gubernur AAU, Danlanud Adisutjipto serta Danrem 072/Pmk. menaiki Panser Anoa, yaitu kendaraan tempur terbaru milik TNI. Berangkat dari gedung DPRD DIY, kendaraan-kendaraan tempur ini melewati sepanjang Jalan Malioboro dan berakhir di titik Nol KM. Sejumlah anggota Forkopimda DIY pun turut menaiki kendaran tempur milik TNI.

Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono menjelaskan, Alutsista milik TNI sengaja dipamerkan kepada masyarakat agar mereka juga bisa menaiki serta merasa memiliki. Dengan begitu, ada kerjasama yang baik untuk bersama-sama bisa saling menjaga dan merawatnya. Alutsista yang dipamerkan pada kesempatan ini kesemuanya ada di Kompi C Yonif 403/WP. Seluruh Alutsista ini adalah milik rakyat karena bersumber dari pajak. Selain kirab, HUT ke-77 TNI diisi dengan berbagai kegiatan positif. Bakti Sosial, Donor Darah, santunan pada Panti Asuhan mewarnai kemeriahan HUT TNI ini.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menambah keyakinan masyrakat dan kepercayaan mereka pada TNI. TNI adalah rakyat, rakyat adalah TNI. TNI adalah kita,” ungkap Brigjen TNI Puji.

Brigjen TNI Puji mengatakan, berdasarkan hasil survei oleh berbagai lembaga terpercaya, kepercayaan Dikatakan masyarakat terhadap TNI berada di angka 93,2%. Kepercayaan masyarakat ini menurut Brigjen TNI Puji harus dijaga dan tidak boleh sedikitpun dikhianati oleh anggotanya. (Kr/uk/rd/alh/aau/sis)

 

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: