17 Apr 2023

Kolaborasi dan Sinergi Majukan Kerajinan DIY

Yogyakarta (17/04/2023) jogjaprov.go.id – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY mengajak Dekranasda DIY untuk terus meningkatkan komunikasi, kolaborasi, dan sinergi dengan pemerintah maupun elemen lainnya yang ada di DIY. Hal ini demi mampu meningkatkan keberdayaan, kemandirian, dan kesejahteraan para pengrajin di DIY.

Demikian diungkapkan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Senin (17/04). Mewakili Gubernur DIY, Sri Paduka melantik Ketua dan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah DIY Masa Bakti 2022-2027. Sri Paduka pun mengucapkan selamat menjalankan tugas kepada pengurus Dekranasda DIY yang baru dilantik.

“Dengan terus meningkatkan komunikasi, kolaborasi, dan sinergi, harapannya tercipta kesamaan persepsi, meminimalkan overlapping program kegiatan, serta memastikan bahwa subjek yang menjadi concern kita bersama yaitu memajukan kerajinan di DIY, dapat tercover secara lebih efisien dan lebih efektif,” ungkap Sri Paduka.

Menurut Sri Paduka, posisi di dalam kepengurusan, beserta tanggung jawab yang mengikutinya, pada hakikatnya merupakan sebuah pengakuan atas komitmen personal dan profesional, kiprah, serta konsistensi pengabdian. Di sisi lain, kemauan dan kemampuan untuk berkomunikasi, berkolaborasi, dan bersinergi, merupakan kunci penting bagi terciptanya kemajuan.

“Saya yakin kita semua telah cukup banyak belajar dari pengalaman selama ini. Kepada seluruh jajaran pengurus yang baru, saya ucapkan selamat menjalankan tugas. Kiranya Tuhan yang Maha Kuasa berkenan melimpahkan taufik serta hidayah-Nya, bagi kerja dan pengabdian kita semua,” tutur Sri Paduka.

Sementara itu, Ketua Umum Dekranas Pusat, Wuri Ma’ruf Amin dalam amanatnya yang disampaikan secara daring mengungkapkan harapannya agar Ketua Dekranasda DIY yang telah dilantik dapat memimpin, serta mampu menyatukan pemahaman dan langkah para pengurus Dekranasda DIY. Dengan begitu, seluruh program Dekranas maupun Dekranasda dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi di tahun ini dan tahun yang berikutnya.

“Dekranas maupun Dekranasda sebagai lembaga independen dan sebagai wadah perhimpunan segenap pemangku kepentingan sektor kerajinan di Indonesia, mempunyai peran dan tanggung jawab dalam membantu dan mendukung para pengrajin di Indonesia untuk tumbuh dan maju. Selain itu, Dekranas maupun Dekranasda juga perlu aktif mempromosikan keberagaman kerajinan Indonesia dari yang bersifat tradisional, hingga yang modern,” paparnya.

Wuri menambahkan, dengan adanya Dekranas di pusat dan daerah, pelaku usaha kerajinan di seluruh Indonesia dapat bergabung dan saling berbagi pengalaman dan meningkatkan kualitas dan daya saing produknya. Menurutnya, peran Dekranasda juga harus lebih ditingkatkan lagi dalam hal pembinaan dan pembangunan para pengrajin, terutama evaluasi terhadap produk-produk yang harus dibina.

“Dalam rangka membuka pasar yang lebih luas dan bagi produk kerajinan, kampanye penggunaan produk dalam negeri juga perlu terus digaungkan. Hal ini bisa dimulai dari kita sendiri sebagai pengurus Dekranas maupun Dekranasda untuk bangga membeli dan menggunakan produk-produk lokal buatan dalam negeri,” imbuhnya.

Ketua Dekranasda DIY Masa Bakti 2022-2027 yang dilantik adalah GKR Hemas, sedangkan Ketua Harian Dekranasda DIY yang dilantik ialah GKBRAyA Paku Alam. Usai pelantikan, Ketua Dekranasda DIY, GKR Hemas meresmikan Bale Mangu Craft Gallery di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta bersama pengurus Dekranasda DIY lainnya. (Rt/Ip)

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: