11 Mei 2023

Kolaborasi Wujudkan Reformasi Birokrasi di DIY

Yogyakarta (11/05/2023) jogjaprov.go.id – Bagi Pemerintah Daerah DIY, Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional I adalah mitra kerja utama dalam reformasi birokrasi. Untuk itu, dengan dilantiknya Kepala Kantor BKN Regional I yang baru, diharapkan kerja sama antara Pemda DIY dan BKN Regional I akan lebih meningkat di masa depan.

Hal ini diungkapkan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Pengukuhan Kepala Kantor Regional I BKN Yogyakarta pada Kamis (11/05). Bertempat di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Sri Sultan mengingatkan kembali akan pesan Presiden Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023.

“Presiden telah menginstruksikan pemerintah daerah untuk bekerja keras meningkatkan investasi, menanggulangi kemiskinan, dan mendorong digitalisasi pemerintahan. Gerak birokrasi harus selaras dengan target prioritas pemerintah, sehingga diperlukan penerapan reformasi birokrasi tematik,” ungkap Sri Sultan.

Dikatakan Sri Sultan, implementasi reformasi birokrasi berfokus dalam lima aspek tematik, yaitu pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi pelayanan, belanja produk dalam negeri, dan pengendalian inflasi. Dengan penajaman reformasi birokrasi melalui lima aspek tematik tersebut, diharapkan bisa semakin mewujudkan birokrasi berdampak yang kini sedang menjadi perhatian pemerintah.

“BKN Regional I adalah mitra kerja utama Pemerintah Daerah DIY, khususnya yang berkaitan dalam upaya membentuk karakter ASN profesional dan berintegritas. Terlebih saat ini, Pemerintah Daerah DIY sedang berupaya bangkit dari pandemi, dengan ASN sebagai salah satu agen perubahannya,” papar Sri Sultan.

Untuk itu, atas nama Pemerintah Daerah DIY, Sri Sultan mengucapkan selamat atas dilantiknya Paulus Dwi Laksono sebagai Kepala Kantor Badan Kepegawaian Negara Regional I. Semoga setiap upaya yang dilakukan bersama ke depannya untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa, senantiasa mendapat ridho dan panduan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Saya percaya, di bawah kepemimpinan beliau, BKN Regional I akan melahirkan berbagai terobosan dalam mendukung perwujudan reformasi birokrasi pelayanan kepegawaian. Kepada Bapak Paulus Dwi Laksono, saya ucapkan selamat bekerja dan mengabdi,” ungkap Sri Sultan.

Acara pengukuhan ini dihadiri pula oleh Plt. Kepala BKN Pusat, Bima Haria Wibisana; Pj. Sekda DIY, Wiyos Santoso; Kepala BKD DIY, Amin Purwani; serta para pimpinan BKD kabupaten/kota se-DIY. (Rt/Alh/Wpt)

HUMAS DIY  

Bagaimana kualitas berita ini: