14 Feb 2013
  Humas Berita,

Komite I dan IV DPD RI Kunker Ke DIY

Ingin Bantu Pemda DIY Sekaligus Berikan Kawalan Rancangan Perdais

 

KEPATIHAN (14/02/2013) Komite I dan IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI selama beberapa hari ke depan mengadakan kunjungan kerja ke DIY. Kunjungan hari pertama, melakukan pertemuan dengan jajaran Pemda DIY, di Gedhong Pracimosono, Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (13/02). Komite I dipimpin Alimarman Sori, SH.,M.Hum.MM sedang Komite IV diwakili oleh Prof. Jhon Pheris, SH.,MS.

 

Menurut Wakil Ketua DPD RI GKR. Hemas, tujuan kedatangan DPD RI yang diwakili oleh Komite I dan IV kali ini, dalam rangka ingin membantu Pemda DIY sekaligus memberikan kawalan mengenai rancangan Peraturan Daerah Istewa (Perdais).

 

Pimpinan Komite I Alimarman Sori menekankan, keistimewaan Yogyakarta harus diterjemahkan secara komprehensif dan holistik. Maka kelahiran Perdais harus mampu menjawab kebutuhan masyarakat di DIY dan kemudahan bagi semua komponen dalam rangka memberikan pelayanan publik.

 

Sementara perwakilan Komite IV, Jhon Pheris, mengatakan, Yogyakarta merupakan kota yang melahirkan kelompok-kelompok cendikiawan yang pluralis, nasionalis dan pancasilais. Untuk itu Perdais nantinya harus menjabarkan tentang dana keistimewaan yang memang harus istimewa, sama dengan dasar pembangun daerah otonomi khusus.

 

Dana keistimewaan harus digiring dan dikawal bersama. Jangan sampai diberikan keistimewaan namun dananya tidak istimewa, karena DIY ini sudah melahirkan tokoh-tokoh besar yang sudah mendidik banyak rakyat, ungkap Jhon.

 

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono IX, dalam kesempatan itu mengemukakan, saat ini Pemda bersama DPRD DIY sedang melakukan penggodokan terhadap Perdais DIY yang merupakan buah amanah dari UU Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY. Karenanya Perdais akan mengakomodir kepentingan masyarakat umum khususnya berkaitan dengan kepentingan menjaga kedamaian dan ketertiban bersama Yogyakarta.

 

Perdais diharapkan dapat membawa kemudahan bagi masyarakat, bukan hanya birokrat saja, terang Sultan.

 

Selain pertemuan dengan jajaran Pemda DIY, romobongan Komite I dan Komite IV DPD RI melakukan sharing dan diskusi terkait hal-hal teknis dengan Tim Penyusun Perdais dan jajaran DPRD DIY. (rsd)

 

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: