19 Mar 2022
  Humas Berita,

Lanjutkan Perjuangan Perempuan, Panitia Peringatan Hari Kartini 2022 DIY Selenggarakan Bakti Sosial

Gunungkidul (19/03/2022) jogjaprov.go.id – Ketika memaknai penyelenggaraan setiap kegiatan Peringatan Hari Kartini, terefleksikan perjuangan perempuan yang tidak pernah berhenti, tidak pernah terselesaikan, dan tidak pernah ada ujungnya. Perempuan adalah tiang penyangga negara, penyangga segala sesuatu dalam kegiatan-kegiatan kehidupan manusia.

Hal ini disampaikan Penasihat I Panitia Peringatan Hari Kartini tahun 2022 DIY GKR Hemas saat memberikan sambutan dalam acara Bakti Sosial Peringatan Hari Kartini tahun 2022 DIY di Balai Kalurahan Hargomulyo, Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada Sabtu (19/03) pagi.

GKR Hemas hadir didampingi oleh Penasihat II Panitia Peringatan Hari Kartini tahun 2022 DIY GKBRAy A. Paku Alam, Ketua Umum Panitia Peringatan Hari Kartini tahun 2022 DIY Dhani Asep Suhendar, Ketua Lima Komponen Organisasi Wanita DIY, Wakapolres Kabupaten Gunungkidul Komisaris Polisi Widyamustikaningrum, dan Kepala DP3AP2.

“Pada kesempatan ini kita berbahagia sekali karena kepedulian daripada panitia Hari Kartini yang luar biasa memberikan perhatian dan juga memberikan sekedar buah tangan yang mungkin bisa membantu untuk sekian masyarakat yang ada di sini," tutur GKR Hemas.

Disampaikan GKR Hemas, penyelenggaraan peringatan Hari Kartini tahun 2022 ini bekerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah terkait dan Lima Komponen Organisasi Wanita DIY. Lima Komponen Organisasi Wanita DIY tersebut antara lain yakni Bhayangkari sebagai leading sector, Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW), Dharma Pertiwi, Dharma Wanita Persatuan, dan Tim Penggerak PKK.

GKR Hemas berharap, pemberian bantuan paket Sembako (Sembilan Bahan Pokok) sebanyak 300 paket ini, dapat membantu warga untuk memenuhi kebutuhannya.

Lebih lanjut GKR Hemas turut menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Gunungkidul atas segala usaha penyelenggaraan berbagai kegiatan yang telah dilakukan hingga saat ini, salah satunya pelaksanaan vaksinasi di Gunungkidul yang dinilai sudah cukup masif. Berkaitan dengan hal tersebut, GKR Hemas juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan sebaik-baiknya.

“Khususnya untuk warga masyarakat harus tetap waspada, tetap menjaga kesehatan, dan kita berharap semua yang hadir di sini juga selalu tetap sehat,” ujar GKR Hemas.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gunungkidul Diah Purwanti Sunaryanta menyampaikan, pelaksanaan bakti sosial ini ditujukan kepada warga masyarakat yang kurang mampu di Wilayah Balong Hargomulyo, Gedangsari. Kegiatan ini merupakan wujud berbagi kebahagiaan sebagai rasa mensyukuri nikmat yang telah dianugrahkan kepada Bangsa Indonesia, khususnya kaum perempuan.

“Kepedulian ini sekiranya semakin meringankan beban masyarakat, bahkan mendukung proses pemulihan sosial ekonomi di masa pandemi yang masih berlangsung ini. Saya berharap, tindakan berbagi dengan sesama apapun wujudnya, akan semakin meringankan beban sesama dan mendorong terwujudnya kesetaraan dan keadilan sosial di Kabupaten Gunungkidul,” ucap Diah.

Kepada warga masyarakat yang mendapat bantuan, Diah mengatakan agar menerima bantuan tersebut dengan penuh rasa syukur sebagai wujud kebersamaan hidup dalam masyarakat.

“Saya sampaikan terima kasih kepada pengurus dan anggota organisasi wanita DIY atas kepeduliaannya dengan membantu meringankan kondisi sosial ekonomi masyarakat di Gunungkidul,” tutup Diah.

Sementara itu, Wakapolres Kabupaten Gunungkidul Komisaris Polisi Widyamustikaningrum juga menuturkan rasa terima kasihnya, khususnya kepada seluruh Panitia Peringatan Hari Kartini tahun 2022 DIY yang telah berkenan melaksanakan kegiatan bakti sosial di Dusun Soka dan Jatirejo Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Gedangsari. Widya menambahkan, selama masa pandemi Covid-19 ini, banyak yang telah dilakukan oleh Polres Gunungkidul, khususnya para Polwan Polres Gunungkidul.

Dijelaskan Widya, terkait percepatan vaksinasi, pihaknya secara aktif dan terus-menerus membantu pelaksanaan vaksinasi, baik yang dilaksanakan oleh Polres Gunungkidul maupun oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul. Bahkan dikarenakan kondisi geografis Gunungkidul, vaksinasi harus dilakukan secara mobile bahkan door to door.

“Setiap hari kami mendukung pelaksanaan kegiatan vaksinasi. Alhamdulillah sampai dengan tanggal 18 Maret 2022 kemarin, untuk dosis satu telah tercapai 83,62%, kemudian untuk dosis dua 74,35%, sedangkan untuk dosis tiga booster kami baru mencapai 5,29%,” terang Widya.

Selain itu, Widya mengatakan bahwa untuk membantu pemerintah dalam rangka mensejahterakan masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan dan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, pihaknya juga selalu terlibat dalam kegiatan Operasi Yustisi bekerja sama dengan Pemerintah Daerah. Demikian pula untuk membantu masyarakat yang pendapatannya menurun drastis sebagai dampak pandemi Covid-19, pihaknya secara rutin melaksanakan kegiatan bakti sosial dalam bentuk kegiatan kelas Gunungkidul Peduli dan Jumat Berkah.

Widya menyebutkan, sampai dengan saat ini pihaknya sudah menyalurkan kurang lebih 25.125 paket sembako yang dananya berasal dari sumbangan personil Polres Gunungkidul.

“Sehubungan dengan banyaknya kasus bunuh diri di Kabupaten Gunungkidul yang didominasi oleh kaum lansia, maka kami bekerjasama dengan Satlinmas dan Dinkes melaksanakan kegiatan Pelan (Peduli Lansia). Kami juga secara aktif membantu program pemerintah dalam rangka menyalurkan bantuan langsung tunai kepada para pedagang warung maupun kaki lima yang ada di Kabupaten Gunungkidul,” lanjut Widya.

Widya berharap, apa yang telah dilakukan pihaknya dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, kesejahteraan masyarakat, dan dapat meringankan beban masyarakat serta tetap menjaga stabilitas Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua Pia Ardhya Garini Cabang BS AAU Asiana Eko Indarto, Ketua Bhayangkari Gunungkidul Intan Aditya, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Gunungkidul, dan perwakilan Ketua Seksi serta Panitia Peringatan Hari Kartini tahun 2022 DIY. (Han)

Humas DIY

Bagaimana kualitas berita ini: