03 Nov 2021

Launching QRIS, Tiket Masuk Destinasi Wisata Diskon 50%

Yogyakarta (03/11/2021) Jogjaprov.go.id – Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Ir. Singgih Raharjo, SH. M.Ed., menghadiri acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Bank BPD DIY dengan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT.TWC) pada Rabu (03/11). Pada acara yang digelar di Rama Shinta Garden Resto, Kompleks Candi Prambanan ini dilaksanakan pula Launching QRIS Bank BPD DIY pada aplikasi Visiting Jogja dengan PT. TWC.

Acara ini merupakan sebuah sinergi antara Bank BPD DIY, PT. TWC dan Dinas Pariwisata DIY dalam rangka ikut serta berpartisipasi aktif mengembangkan dan menyemarakan pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Singgih menyampaikan bahwa hari ini telah dilakukan kembali kolaborasi dengan mengikutsertakan Pemda DIY dalam kaitannya dengan pembayaran nontunai menggunakan aplikasi QRIS yang ditanamkan di aplikasi Visiting Jogja. “Tentu ini merupakan bagian upaya memberikan layanan yang lebih mudah, lebih sehat bagi wisatawan untuk melakukan kunjungan ke destinasi wisata dan aktivitas event lainnya,” jelas Singgih.

Ia pun menjelaskan, bahwa saat ini kita bisa melakukan pembelian atau reservasi sekaligus pembayaran tiket wisata dengan menggunakan QRIS BPD dan bisa dibayarkan oleh semua bank dan semua mata uang.

Selain Penandatanganan Kerjasama dengan PT. TWC, Singgih menjelaskan bahwa hari ini pada kesempatan yang sama juga dilakukan launching pemberian insentif diskon khusus kepada beberapa destinasi wisata. “Diskon 50%, tidak tanggung-tanggung untuk tiket masuk tempat wisata tersebut,” ucapnya.

“Pemberian diskon dilakukan guna mendorong bagi wisatawan untuk melakukan reservasi dan pembayaran melalui QRIS Bank BPD DIY, di Visiting Jogja itu yang kita kasih diskon, bagi yang tidak melakukan reservasi melalui QRIS kita tidak berikan diskon,” terang Singgih.

“Jadi dipastikan nanti kita dengan BPD DIY untuk melakukan identifikasi kembali destinasi wsiata yang mana saja yang sudah buka, destinasi mana yang sudah memiliki QRIS BPD DIY, maka akan kita buatkan fasilitas pembayaran tiket secara online. Adapun bagi yang belum punya QRIS BPD hanya bisa melakukan reservasi pembayaran nanti di lokasi, imbuhnya.

Singgih berharap, “Aplikasi ini dapat digunakan secara bersama-sama dan kami harapkan juga ini merupakan satu-satunya aplikasi pariwisata yang ada dan digunakan di Yogyakarta. Mari kita lakukan kolaborasi dan sinergi ini terus menerus dan kita jaga supaya pesan Ngarsa Dalem untuk Jogja satu untuk bangkit bersama ini betul-betul bisa kita realisasikan. Ini merupakan satu ikhtiar bersama untuk menggeliatkan pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta,” terangnya.

Dalam rangka mendukung program Pemerintah Republik Indonesia dan Bank Indonesia, Bank BPD DIY menyediakan channel QRIS BPD DIY. Melalui channel tersebut, Bank BPD DIY hadir untuk mempermudah transaksi keuangan masyarakat, higga dapat mendorong putaran roda perekonomian di Yogyakarta dalam berbagai sektor.

Disamping itu, wisatawan juga akan semakin dimudahkan dengan kehadiran aplikasi Visiting Jogja. Aplikasi tersebut juga sudah terintegrasi dengan QRIS Bank BPD DIY, sehingga wisatawan dapat langsung melakukan pemesanan atau pembelian tiket secara online.

Melalui penandatanganan ini, PT.TWC bersinergi dengan Dinas Pariwisata DIY dan BPD DIY untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan serta mewujudkan quality tourism di dunia pariwisata Yogyakarta.

Turut hadir dalam acara ini, Plt. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta, Direktur Utama PT.TWC, Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY, para Kepala Dinas Pariwisata Se-DIY, dan tamu undangan lainnya. (fk)

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: