11 Des 2014
  Humas Berita,

Malam Penutupan dan penganugrahan Festival Heritage 2014

Malam heritage ini merupakan malam penganugrahan bagi pemenang kompetisi Heritage dan penutupan seluruh rangkaian kegiatan Festival Heritage yang telah berlansung selama 3 bulan dimulai dari bulan Oktober hingga bulan Desember 2014, yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY. Acara ini di tutup secara simbolis yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Asisten Administrasi Umum Sekda DIY, Drs,GBPH. Yudhaningrat MM, di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, pada Senin malam (8/12).

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dalam sambutanya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Sekda DIY DRS.GBPH.H, Yudhaningrat MM, memaparkan bahwa terselenggaranya Festival Heritage DIY tahun 2014, merupakan rangkaian kegiatan yang sangat penting sebagai bentuk upaya bersama dalam rangka pelestarian dan perlindungan warisan budaya dan cagar budaya bangsa, yang diharapkan dapat menjadi pelopor dalam menumbuhkan rasa cinta dan kesadaran masyarakat untuk ikut melestarikan warisan budaya dan cagar budaya ini.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemberian Penganugrahan kepada pemenang kompetisi Festival Heritage 2014. Penerima Anugerah Festival Heritage dibagi 3 kategori, yaitu kategori Kompetisi Fotografi dijuarai oleh Alam Y.U, Kompetisi Sketsa di juarai oleh Ahmad Syuhudi R, dan Kompetisi Poster dijuarai oleh Ahmad Musyaddad.

Sementara itu kepala Dinas Kebudayaan DIY, yang di wakili oleh Kepala Bidang Sejarah Purbakala dan Museum Dinas Kebudayaan  DIY, Ariyanti Luhur Tri Setyarini dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan acara ini adalah untuk memberikan informasi sekaligus sosialisasi atau publikasi mengenai seluruh rangkaian kegiatan yang telah dilakukan dalam bentuk “ Malam Heritage” kepada seluruh undangan yang dalam hal ini adalah instansi di lingkungan Pemerintah DIY dan mitra kerja Dinas Kebudayaan DIY.

Dijelaskan bahwa maksud dari Festival Heritage itu sendiri adalah untuk mensosialisasikan program-program dan usaha-usaha pelestarian warisan budaya dan cagar budaya yang masih dilakukan oleh instansi dan lembaga terkait di bidang kebudayaan DIY kepada maysarakat umum Sedangkan tujuannya Untuk meningkatkan kesadaran dan peran aktif masyarakat terhadap pelestarian warisan budaya dan cagar budaya yang berada di DIY.

Acara tersebut dihadiri oleh Forkompimda DIY, Kepala Kejaksaan Tinggi DIY, Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Perwakilan Universitas Negeri Yogyakarta serta tamu undangan lainnya, dan ditutup dengan pertunjukan tari “Beksan Rengganis Widaninggar”, merupakan tarian yang telah di sempurnakan oleh Sri Sultan HB IX. (hbb/skm) 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: