10 Mar 2018
  Humas Berita,

Mengedukasi Masyarakat melalui Media Polybag

Yogyakarta (10/03/2018) jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X membuka secara resmi Sosialisasi dan Edukasi Budi Daya Tanaman Pertanian dalam Media Polybag dan Vertikultur untuk Mendukung Peningkatan Produksi dan Kesejahteraan Masyarakat, Sabtu (10/03) pagi di depan Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Wakil Gubernur DIY menyampaikan, selain edukasi kepada masyarakat untuk makan nasi, tentu ada upaya-upaya untuk produk-produk pertanian bisa berkembang. Sehingga ada yang namanya diversifikasi (penganekaragaman) pangan, dan DIY selama ini dikenal sebagai daerah setingkat provinsi yang memiliki diversifikasi pangan yang cukup tinggi.

“Marilah secara bersama-sama di seluruh lapisan, terutama Saya menaruh harapan besar di Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (PERPADI) bagaimana menanam padi untuk memanen hasilnya. Tentu dari pemerintah bisa memanfaatkan seluruh wilayah kota dan mendorong masyarakat untuk menanam,” kata Wakil Gubernur DIY.

Ketua PERPADI DIY H. Arif Yuniarto Kurniawan, SE. MM menyampaikan, PERPADI bekerja Sama dengan Dinas Pertanian DIY dan instansi lingkup pertanian baik pusat maupun daerah mempunyai gagasan untuk mengedukasi masyarakat melalui optimalisasi lahan.

Sementara itu, Ketua PERPADI Pusat Ir. Sutarto Ali Muso menyampaikan, dengan cara budi daya tanaman di perkotaan dengan memanfaatkan Polybag, kita bisa memanfaatkan plastik-plastik di sekitar kita untuk menanam tanaman di halaman rumah.

Selain dari PERPADI, peserta dalam acara ini berasal dari Asosiasi Petani Sayur Yogyakarta, Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian Yogyakarta, Telaga Nursery Prambanan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY, dan Yayasan Bina Insan Berdikari Yogyakarta. Acara akan berlangsung mulai tanggal 10-11 Maret 2018 di Jl. Malioboro depan Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Acara pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian DIY, Wakil Walikota Yogyakarta, Kepala Satgas Pangan DIY, Kepala Bulog Divisi Regional Yogyakarta, dan Kepala Bulog Divisi Regional Jawa Barat. (ny)

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: