05 Mei 2024
  Humas DIY Berita,

MTQ DIY 2024 Media Syiar Islam

Yogyakarta (04/05/2024) jogjaprov.go.id – DIY kembali menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Daerah Ke-30 Tahun 2024. Penyelenggaraan MTQ ini bukanlah sekadar lomba, tetapi juga menjadi salah satu media untuk syiar Islam.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Sekda DIY Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat, Sugeng Purwanto saat membacakan sambutan Gubernur DIY sekaligus membuka secara resmi MTQ Daerah Ke-30 DIY Tahun 2024 di Taman Budaya Kulon Progo, Sabtu (04/05). Kegiatan MTQ ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk terus menggali, memahami, dan mengaplikasikan isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan mempelajari dan mengamalkan Al-Quran kita berharap generasi muda dapat menjaga akhlak dan membentengi diri dari pengaruh negatif dari perkembangan zaman. Sehingga terlahir pribadi-pribadi yang memiliki kemampuan intelektual dan religiusitas yang tinggi,” ungkapnya.

Plt. Kepala Biro Bina Mental Setda DIY, Sukamto melaporkan kegiatan MTQ tahun ini telah dimulai sejak hari Jumat kemarin (03/05) dengan agenda Rapat Kerja Daerah Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (Rakerda LPTQ) DIY. Perlombaan secara resmi dimulai pada hari Sabtu (04/05) yang akan memperlombakan 11 cabang dan 22 golongan.

Cabang dan golongan yang dilombakan yaitu Cabang Tahfidz 10 Juz Putra/Putri, Tahfidz 20 Juz Putra/Putri, Cabang Tahfidz 30 Juz Putra/Putri. Kemudian ada cabang Musabaqah Fahmil Quran Putra/Putri, Musabaqah Syarhil Quran Putra/Putri, Tilawah Dewasa Putra/Putri, Tilawah Remaja Putra/Putri, Khot Kontemporer Putra/Putri, Khot Naskah Putra/Putri. Serta cabang Tafsir Bahasa Indonesia Putra/Putri danTafsir Bahasa Inggris Putra/Putri.

“Adapun lokasi (venue) MTQ akan diselenggarakan di beberapa tempat, venue pembukaan dan penutupan di Taman Budaya Kulon Progo. Sedangkan untuk venue perlombaan akan dilaksanakan di MAN 1 Kulon Progo dan SMKN 1 Pengasih Kulon Progo,” kata Sukamto.

Sukamto pun menyampaikan, pada MTQ tahun ini diikuti oleh 60 orang peserta utusan dari kafilah Kabupaten/Kota Se-DIY. Para peserta nantinya akan dinilai oleh Tim Dewan Hakim yang berjumlah 35 orang dan dibantu Panitera dan Pewara yang secara keseluruhan berjumlah 11 orang.

Pemerintah Daerah DIY juga akan memberikan penghargaan kepada peserta yang meraih juara. “Pemda DIY telah menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan, thropy dan piagam pengharagaan yang akan diberikan kepada juara 1, 2, dan 3 tiap golongan,” tutupnya. (ham)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: