07 Apr 2024
  Editor Pemda DIY,

Mudik 2024 Menjadi Mudik Terbesar Pasca Pandemi

Yogyakarta (07/04/2024) jogjaprov.go.id - Tahun 2024 ini merupakan mudik besar pasca pandemi, sehingga perlu adanya penyesuaian dalam pelayanan maupun penanganan selama masa mudik berlangsung. 

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur DIY sekaligus Dewan Kehormatan PMI DIY, Paku Alam X saat bersama Ketua PMI DIY, GBPH. H. Prabukusumo, S. Psi. dan jajaran pengurus PMI serta instansi mitra pada saat melaksanakan  monitoring pos pelayanan ambulans dan pertolongan pertama di enam Posko Lebaran Tahun 2024, untuk memberi semangat dan arahan kepada petugas Posko Lebaran agar tetap semangat dan mendoakan agar selalu diberi kesehatan.

Sri Paduka mengapresiasi rekan-rekan dan anggota PMI yang ikut berperan aktif, baik yang dilapangan maupun yang bersifat administratif dan untuk semua jenis kegiatan yang terkait dengan peringatan hari besar Idulfitri pada tahun ini maupun kegiatan yang terkait dengan kemanusiaan.

"Hal terpenting dari kunjungan kami adalah silaturahmi dan memastikan adanya kebersamaan untuk teman-teman di lapangan, itu yang paling penting," ungkap Sri Paduka.

Sri Paduka juga memberikan dukungan dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait (kepolisisan, dinas perhubungan, pramuka, basarnas) beserta semua pengurus PMI yang telah berkolaborasi bekerja keras memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dalam rangka mudik Lebaran 2024.

Keenam Posko Lebaran 2024 yang dikunjungi adalah Markas PMI DIY, Gamping. kemudian Pos PMI Sleman dan Posko PMI Tempel (berada di Terminal Pasar Tempel), Posko PMI Sedayu (Jembatan Timbang Kulwaru), Kulon Progo serta Posko PMI di Markas PMI Bantul.

Sementara itu, Ketua PMI DIY, Prabukusumo menyampaikan, tahun ini PMI DIY menyiapkan 20 Pos Pelayanan Pertolongan Pertama dan ambulans di seluruh DIY dalam rangka pelayanan kemanusiaan selama mudik Lebaran Tahun 2024. Sejumlah 919 personel, 20 ambulans, 1 mobil jenazah, 6 motor ambulans first responded, dan 2 motor trill. PMI menyiagakan personel berlatar belakang medis dan kesehatan serta relawan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama yang akan membantu melayani masyarakat merayakan Lebaran di DIY.

"Kami berharap, masyarakat yang merayakan Lebaran dapat mudik sehat dan aman sambut Lebaran dengan penuh kebahagiaan," ungkap Gusti Prabu. Bagi masyarakat yang mudik perlu menyiapkan diri, membekali diri dengan berbagai informasi perjalanan, lokasi istirahat, selalu tetap berhati-hati termasuk kesiapan dan keterampilan diri jika terjadi kedaruratan.

Dari hasil monitoring di Posko Lebaran 2024 PMI Jembatan Timbang Kulwaru diketahui telah terjadi dua kali laka tunggal dengan dua korban luka ringan. Untuk menghindari kejadian serupa hendaklah tiap-tiap pengemudi perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut; beristirahat saat mengantuk, taati peraturan lalu lintas dan ikuti petunjuk petugas di lapangan, dilarang berboncengan motor lebih dari satu orang, perhatikan batas kecepatan saat berkendara, hormati sesama pengendara dan utamakan keselamatan, stop berkendara sambil merokok dan jangan menggunakan handphone saat berkendara, gunakan selalu helm SNI serta jangan paksakan diri untuk berkendara jika kondisi tubuh sedang tidak sehat.

Berikut info PosPam, PosYan, Pos Terpadu dan pos Pantau yang tersebar di Wilayah DIY. Lokasi di Sleman yaitu; PosPam Tempel, PosPam Gamping, PosPam Prambanan, dan PosYan Amplaz.

Di Kulon Progo, terdapat PosPam Sentolo, PosPam Terminal Wates, PosYan Reminder, PosPantau Karangwuni (JJLS), PosPantau Glagah, Pos Pantau Dekso, PosPantau Ngeplang, PosPantau Ngelo, PosPantau Galur.

Untuk wilayah Bantul, PosPam Sedayu, PosPam Parangtritis, PosPam Piyungan, PosPam Srandakan, Pos Terpadu Druwo.

Adapun Kota Yogyakarta; PosPam SP 4 Tugu Pal Putih, PosPam SP 4 Titik Nol KM, PosPam Bonbin, PosPantau Terminal Giwangan, PosPantau Stasiun Tugu, PosPantau Stasiun Lempuyangan, Pos Terpadu Teteg Malioboro.

Sedangkan wilayah Gunungkidul; PosPam Hargodumilah, PosPam Siyono, PosPam Pantai Baron, PosPam rest area JJLS Girisubo, PosPam JJLS SP 3 Trowono, PosPam Pulang Syawal dan PosYan Terminal Dhaksinnarga. (Ft/Wpt/Ydh)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: