22 Feb 2022
  Humas Berita,

Obor Pesonas Masuk DIY, Pengobar Semangat Penyandang Disabilitas

Yogyakarta (22/02/2022) jogjaprov.go.id – Sekda DIY R. Kadarmanta Baskara Aji menerima obor Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022 dari Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah Sinoeng Noegroho Rachmad, Selasa (22/02) di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Kirab obor Pesonas ini bertujuan sebagai pengobar semangat bagi kaum disabilitas untuk memperjuangkan kesetaraan.

Obor masuk ke DIY setelah melewati Klaten. Di DIY, obor ini akan dibawa ke 5 kabupaten/kota di dalamnya, yang nantinya melalui Kabupaten Kulon Progo dan dilepas di Purworejo untuk diteruskan ke tujuan selanjutnya.

“Obor ini bisa menjadi perlambang bagaimana kita membangun upaya anak-anak kita yang berkebutuhan khusus,  khususnya yang tunagrahita, bisa punya rasa kebanggaan semangat yang baik, dalam rangka mengikuti dalam rangka untuk mengikuti Personas yang nanti akan dilaksanakan di Semarang,” jelas Aji.

Menurut Aji, selama ini atlet-atlet disabilitas mempunyai prestasi yang bagus dan mampu menunjukan bhawa mereka memiliki kualitas yang setara dengan yang lain. Semangat para disabilitas berprestasi ini diharapkan akan mampu juga diserap oleh para disabilitas non atlit untuk bisa pula berprestasi di bidang apapun yang mereka minati.

Event ini menjadi sangat penting dan sangat terasa maknanya karena mampu memberikan rasa bangga dan tempat untuk berkiprah bagi mereka yang punya talenta khusus. Memang sudah selayaknya tidak boleh ada satu Insan pun di Indonesia yang tidak punya kesempatan yang sama dengan yang lain. Terutama karena menurut Aji, DIY dan Jateng merupakan provinsi yang inklusif, yang tidak membeda-bedakan kesempatan, khsusunya bagi generasi muda.

“Kita bisa melakukan pendampingan, melakukan fasilitasi dan berbagai hal seperti contohnya Pesonas ini dalam rangka untuk mengembangkan talenta khusus bagi anak-anak kita yang punya masa depan gemilang, yang punya masa depan untuk bisa mandiri sebagaimana kawan-kawan lain yang ada di seluruh Indonesia,” kata Aji.

Lebih lanjut Aji mengaku tidak mematok target raihan prestasi bagi atlit special tersebut. Aji sangat percaya, tanpa diarget pun, mereka dipastikan akan memberikan persembahan terbaik dan prestasi paling gemilang bagi DIY.

“Mudah-mudahan pada tahun ini kita akan bisa torehkan prestasi yang bagus seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk target saya kira kita tidak usah mematok target tertentu karena nanti akan jadi beban bagi anak-anak kita. Kita ingin anak-anak memiliki prestasi yang terbaik, masalah kalah dan menang kita tidak perlu memberikan beban,” ujar Aji.

Sementara itu, Sinoeng Noegroho Rachmad mengatakan, obor Pesonas 2022 ini menjadi sebuah semangat dan bentuk upaya membangun paradigma baru terkait dengan prestasi anak-anak disabilitas. Menurutnya, obor ini ini akan disemayamkan di 42 kabupaten/kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan juga di DIY.

“Saya harap ini menjadi sebuah panggung bagi mereka mengekspresikan aktualisasi dan prestasi. Mereka harus percaya bahwa mereka bukanlah sebuah beban.  Melalui event strategis ini jelas memuat pesan bahwa kita boleh mengeluh, boleh capek,  tapi satu hal yang tidak boleh kita lakukan yaitu menyerah,” papar Sinoeng.

Sinoeng berharap, melalui Pesonas ini, akan mampu mengobarkan semangat Keindonesiaan. Meskipun beda dalam hal pemberian karunia Tuhan, tapi tidak akan menyurutkan nilai kemanusiaan. “Kami mengucapkan terima kasih kepada DIY,  semoga dari Yogyakarta akan memberikan sebuah energi dan dorongan yang istimewa, sebagaimana Yogyakarta, istimewa. keistimewaan daerah ini sendiri juga akan memberikan kontribusi dan pilar utama bagi penyelenggaraan personal 2022 ini menjadi keistimewaan yang luar biasa. Maka jadilah seperti hujan yang jatuh berkali-kali tapi tetap kembali lagi,” ungkap Sinoeng mewanti-wanti.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten III Sekda DIY, Kadisdikpora DIY, Ketua SOINA Pusat, Ketua  Pelaksana Pesonas 2022, dan Ketua NPC DIY. (uk)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: