26 Nov 2012
  Humas Berita,

Pagi Ini ASEAN-India Car Rally 2012 Dilepas Dari Yogyakarta

 

Pagi Ini ASEAN-India Car Rally 2012 Dilepas Dari Yogyakarta

 

Yogyakarta, (26/11/2012) Portal.jogyaprov.go.id. Rally Mobil ASEAN-India 2012 ( ASEAN-India CaR Rally 2012) dengan jarak 8.000 km Indonesia-India melalui Negara-negara Asean dan Leg I(pertama)) dengan Route Yogyakarta-Borobudor-Solo besok (Senin,26/11) dilepas dari Halaman Royal Ambarukmo,Yogyakarta

 

Demikian disamapaiakan Direktur Jendral Kerjasama ASEAN I Gusti Agung Wesaka Puja dalam jumpa Persnya dengan Wartawan petang kemarin (Minggu,25/11) di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta yang didampingi Duta Besar India untuk Indonesia Gurjit Singh, Presiden Ikatan Motor Indonesia (IMI) Nana Sukarna, Director General Conferation of India ndustry (CII) Chandrajit Banerjee dan Joint Secretary of Indian of External Affairs Ranu Pall.

 

Lebih lanjut Dirjen Kerjasama ASEAN I Gusti Agung Wesaka Puja menjelaskan bahwa tujuan atau Thema dari Rally Mobil ASEAN-India 2012 adalah Memperkokoh Konektivitas serta meningkatkan Kemakmuran Bersama antara ASEAN-India di mana kerjasamanya semakin meningkat bukan saja kerjasama budaya, tetapi kerjasama ekonomi, Politik, sosial dan perdagfangan/bisnis serta pendidikan.

 

Ditambahkan I Gusti Agung Wesaka Puja bahwa kegiatan Rally ini juga dalam rangka memperingati 20 tahun Indonesia ASEAN dan India merupakan pelaksanaan ASEAN-India Car Rally ke II dengan route Yogyakarta-Borobudur-Solo Indonesia,dan akan dilanjutkan di Malaysia, China, Filipina, Myanmar, Brunei Darusallam, Vietnam, Kamboja, Laos, Singapura, Thailand.
serta para peserta reli akan melintas di sembilan negara mulai dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos, Myanmar, dan "finish"( dan akan berakhir tanggal 20 Desember 2012 ,di Gua Hati New Delhi, India.

 

Car Rally ini finish direncanakan tanggal 20 dsember 2012 bertepan dengan peringatan 20 tahuhun Hubungan ASEAN dengan India dan para Kepala Negara dari 11 Negara ASEAN termasuk India betrmu di sana (di New Delhi India ) termasuk Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

 

ASEAN-India Car Rally 2012 ini diikuti sebanyak 11 negara masing-masing negara mengirmkan 8 tim perallynya.

 

Sementara itu Duta Besar India untuk Indonesia Gurjit Singh menyatakan bahwa ASEAN-India Car Rally 2012 ini merupakan moment yang sangat penting selain sebagai momen yang bersejarah, juga sangat strategis bagi India dimana banyak investor yang menginvestasikan di indonesia termasuk otomotif atau kendaraan buatan India. Dia menyatakan bahwa Indonesia merupakan pasar yang penting bagi india bukan saja sebagai pasar saja tetapi juga investasi kerjasama untuk memproduk suku cadang kendaraan di indonesia.

 

Dalam rangka memperingati 20 tahun hubungan ASEAN-India ini selain digelar N-India Car Rally 2012 juga dlakukan kegiatan kunjungan Kapal Perang india yang diberi nama Sudarsini yang bulan lalu telah menyinggahi di beberapa kota seperti Padang, Bali dan Manado.

 

Dalam kunjungan Kapal perang tersebut juga melakukan berbagai kegiatan seperti melakukan pertemuan dengan masyarakat sekitar pelabuhan, kesenian, serta pertemuan bisnis atau perdagangan.

 

ASEAN-India Car Rally 2012 di Yogyakarta tandas Dirjen Kerjasama ASEAN I Gusti Agung Wesaka Puja sangat menguntungkan Indonesia khususnya Yogyakarta, karena sepanjang route Rally ini peserta diwajibkan mengisi dan membeli produk lokal yang disinggahi dari peserta rali dengan route Yogyakarta- Borobudur-Solo tersebut.Dengan demikian UMKM yang dilalui secara langsungdan tidak langsung akan menerima dampak dari kegaiatan ini disamping sebagai arena mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia khususnya Jateng-DIY.(Kar)

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: