12 Apr 2023
  Humas DIY Berita,

Pamit, Kolonel Laut (KH/W) Damayanti Bangga Mengabdi di DIY

Yogyakarta (12/04/2023) Jogjaprov.go.id - DIY dengan wilayah geografis tidak luas namun memiliki garis pantai yang cukup panjang, memiliki potensi laut yang cukup besar. Kerjasama dengan TNI AL untuk membangun kawasan selatan sebagai halaman depan DIY menjadi hal yang sangat krusial untuk dilaksanakan.

Wagub DIY KGPAA Paku Alam X mengungkapkan hal demikian ketika menerima Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KW/H) Damayanti, Rabu (12/04) di Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Kunjungan Danlanal Damayanti ini bertujuan untuk pamit karena ketugasan sebagai Danlanal Yogyakarta sudah berakhir pada 29 Maret 2023 lalu.

Sri Paduka mengatakan, kondisi DIY yang meskipun tidak luas namun sangat majemuk ini memang menjadi kondisi yang tidak mudah ditangani. Memimpin TNI AL di DIY menurutnya adalah tantangan tersendiri mengingat keunikan DIY dalam hal geografis yang sekaligus unggul karena memiliki garis pantai. Juga dengan sentuhan budaya yang kental, membuat DIY memiliki ciri khas tersendiri untuk ditangani.

“DIY adalah kawah candradimuka. Di sini semua dididik dan ditempa menjadi kuat. Mewujudkan kawasan selatan menjadi muka tentu butuh kerjasama dengan banyak pihak, termasuk utamanya adalah dengan Lanal” ungkap Sri Paduka.

Menurut Sri Paduka, sebagai negara bahari dengan nenek moyang handal pada strategi kemaritiman, sudah sepatutnya kejayaan itu kembali. Mengingat hal tersebut, DIY sedang membuat langkah awal untuk menghadapkan selatan untuk menjadi pintu utama DIY. Tentunya hal ini akan menjadi salah satu terobosan mengembalikan kejayaan bahari Indonesia, dengan dukungan TNI AL.

Sementara itu, Damayanti menyebutkan, pihaknya telah menyambut baik visi misi Gubernur dan Wagub DIY untuk menjadikan kawasan selatan sebagai halaman depan. Ia berharap siapapun nanti yang menjabat sebagai Danlanal Yogyakarta mampu meneruskan dukungan penuh pada visi misi tersebut.

“Mudah-mudahan angkatan lautnya bisa bersinergi lagi dengan pemerintah daerah. Saya bangga dengan upaya Pemda DIY untuk menghadapkan DIY ke selatan sebagai halaman depan. Semoga ini akan segera terwujud,” kata Damayanti.

Damayanti yang menjabat sebagai Danlanal Yogyakarta dalam kurun waktu 2 tahun ini mengaku bangga bisa mengabdi di DIY dan menyerap banyak ilmu. Ia mengatakan, DIY memiliki banyak keunikan terutama dari sisi budaya.

“Saya merasa banyak yang bisa dibawa terutama kalau di sini kan budaya kita untuk bekerja itu tidak hanya melulu pekerjaan, tapi budaya dari sopan santun, unggah-ungguh itu bisa diterapkan pada saat kita nanti berdinas di tempat baru,” ungkap Damayanti.

Damayanti mengatakan, banyak hal baru di DIY yang tidak hanya sekedar soal pekerjaan saja. Ia bahkan mengaku begitu terkesan saat mementaskan ketoprak bersama jajaran pejabat Forkopimda yang lain. Kentalnya budaya dan tradisi ini yang membuatnya mengaku sangat terkesan dan justru merasa diterima.

“Terima kasih kepada Sri Paduka juga yang telah memberikan bimbingan dan juga kerjasamanya selama ini dari Pemda DIY. Sangat membanggakan sebagai prajurit yang berdinas di Lanal Yogyakarta, hubungan dengan Pemda DIY sangat baik atas bimbingan Sri Paduka dan Ngarsa Dalem,” tutup Damayanti yang mendapatkan keputusan baru sebagai Inspektur Komando Lintas Laut Militer di Jakarta Utara ini. (uk/rcd)

Humas Pemda DIY 

  

 

Bagaimana kualitas berita ini: