29 Mar 2024

PBJ Berkelanjutan Jadi Bentuk Tanggung Jawab Pemda DIY

Yogyakarta (29/03/2024) jogjaprov.go.id - Pemerintah Daerah (Pemda) DIY segera memulai jalan baru dalam melaksanakan tugas dan fungsinya demi kehidupan yang lebih baik. Langkah tersebut ialah dengan penerapan program Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Berkelanjutan.

Menurut Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono dalam Kick Off Meeting Pelaksanaan Piloting PBJ Berkelanjutan Tahun 2024 mengatakan, penerapan program PBJ Berkelanjutan 2024 diterapkan pada lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda DIY. Kelima OPD tersebut adalah Dinas Kebudayaan DIY, Disnakertrans DIY, DPUPESDM DIY, Disdikpora DIY dan Disperindag DIY. 

"Diharapkan program ini jadi pedoman seluruh OPD untuk menginisiasi PBJ Berkelanjutan secara berkesinambungan. Ini akan jadi tonggak penting sebagai pelopor yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat," ungkapnya pada Kamis (28/03) di Aula Jati, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY.

Beny mengungkapkan, program PBJ Berkelanjutan telah sesuai dengan Peraturan Gubernur DIY Nomor 57 Tahun 2023 tentang Peta Jalan Pengadaan Barang/Jasa Berkelanjutan Tahun 2023-2025. Saat ini, pelaksanaan PBJ Berkelanjutan merupakan langkah progresif yang menandakan tantangan perubahan lingkungan.

"Dalam setiap payung hukumnya, PBJ Berkelanjutan mengamanatkan bahwa pemerintah harus mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. PBJ Berkelanjutan juga menjadi instrumen untuk memotret kesiapan dari aspek SDM, ketersediaan produk dan proses pengadaanya," kata Beny. 

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Tim Implementasi PBJ Berkelanjutan DIY, Kusno Wibowo mengatakan, untuk tahap awal, pihaknya akan menetapkan tiga produk yang diusung dalam program PBJ Berkelanjutan. Tiga produk tersebut yakni AC, furniture dan semen. Ketiganya dipilih dengan mempertimbangkan kebutuhan OPD dan juga ketersediaan produk di pasaran.  

"Memang sudah ada sembilan produk yang ramah lingkungan dan berstandar hijau, tapi kita baru tiga ini dulu. Mungkin di tahun depan, baik OPD pelaksananya maupun produknya akan semakin bertambah," ungkap pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY ini.

Kusno mengungkapkan, tujuan dilaksanakannya PBJ Berkelanjutan ini adalah untuk mengetahui tantangan dan kendala pengadaan produk ramah lingkungan, serta identifikasi potensi pengembangan dan penerapan aspek PBJ Berkelanjutan. Selain itu, program ini juga untuk memotret produk yang ramah lingkungan. "Program ini juga untuk memprioritaskan belanja produk ramah lingkungan sesuai dengan lingkup piloting dan rencana pengadaan," imbuhnya. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: