06 Jan 2022

Pejabat Fungsional: Profesional yang Memperkuat Kinerja Pemda DIY

Yogyakarta (31/12/2021) jogjaprov.go.id – Sebanyak 198 orang dilantik sebagai Pejabat Fungsional melalui dua mekanisme dengan rincian 98 orang melalui pengangkatan pertama dan 100 orang melalui mekanisme penyetaraan dari pejabat administrasi.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Daerah Istimewa Yogykarta (Sekda DIY), Kadarmanta Baskara Aji saat membacakan Sambutan Gubernur DIY pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Fungsional dan Penyetaraan Pejabat Administrasi ke Fungsional di lingkungan Pemda DIY, Jumat (31/12) di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

“Saya yakin bahwa alih status dari jabatan-jabatan struktural ke jabatan-jabatan fungsional ini akan memberikan dampak yang sangat positif dari sisi kinerja Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta maupun bagi Bapak Ibu sekalian para pejabat yang dilantik, karena jabatan fungsional itu sebagai tanda bahwa Bapak Ibu sekalian sudah kita akui sebagai pejabat-pejabat yang profesional, pejabat-pejabat yang mumpuni, pejabat-pejabat yang kita percaya akan bisa mendorong kinerja Pemerintah Daerah makin hari semakin baik,” ungkap Aji.

Pelantikan jabatan fungsional kali ini sekaligus menjadi kick off mengawali dari pelantikan-pelantikan berikutnya untuk para pejabat yang akan alih tugas dari pejabat struktural ke pejabat fungsional. Aji berharap, Pelantikan Pejabat Fungsional sebagai tanda bahwa di seluruh jajaran di lingkungan Pemda DIY muncul para profesional yang nantinya akan memperkuat kinerja Pemda DIY.

Dalam sambutannya, Aji menghimbau kepada BKN Regional DIY agar dapat membantu Pemda DIY untuk menavigasi proses tansisi dimana terjadi transformasi tugas dan fungsi yang menuntut setiap pejabat fungsional untuk mengembangkan kompetensi.

Tak hanya menghimbau kepada BKN Regional DIY saja, Aji Juga menghimbau kepada para Kepala OPD di lingkungan Pemda DIY untuk memberikan fasilitasi pengembangan kompetensi bagi pejabat-pejabat fungsional yang hari ini telah dilantik.

“Karena tanpa dukungan, tanpa dorongan dari para Pimpinan OPD maupun Kepala-Kepala Unit Kerja yang ada di seluruh unit kerja di DIY ini maka kinerja teman-teman pejabat fungsional baru itu tidak bisa optimal,” jelasnya.

Kepada para pejabat fungsional yang baru dilantik, Aji menegaskan agar mereka mempunyai wawasan lain bukan hanya pada bidang tugasnya tetapi harus mempunyai wawasan kedepan wawasan diluar ketugasannya.

Hal ini diharapkan agar pada saatnya mereka dapat menduduki jabatan-jabatan yang sejenis dari jabatan fungsional di tempat tertentu ke tempat yang lain, dari OPD satu ke OPD yang lain, karena pada prinsipnya pengalaman dan perpindahan selalu menjadi wahana penyegar dalam rangka untuk meningkatkan kinerja.

Acara ini dihadiri oleh 198 tamu undangan yang dilantik sebagai pejabat fungsional di Hall dan sisi barat Gedhong Pracimosono, unit 8 dan unit 9, para Asisten Setda DIY, Kepala OPD di lingkungan Pemda DIY baik secara luring maupun daring. (fk)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: