28 Des 2023

Pelantikan Pejabat Fungsional, Cucuk Lampah Edukasi SDM

Yogyakarta (28/12/2023) jogjaprov.go.id – Pelantikan pejabat merupakan akhir dari pemilahan menyeluruh dan bersumber pada keterampilan dan kompetensi setiap individu. Proses ini guna memastikan bahwa para pejabat yang dilantik memenuhi persyaratan untuk peran yang sesuai dengan kewajiban jabatan fungsional yang diemban. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono pada saat  melantik dan mengambil sumpah 66 orang pejabat fungsional di lingkungan Pemda DIY, pada Kamis (28/12). 

Pelaksanaan pelantikan yang digelar di Pendapa Wiyata Praja, Kompleks Kepatihan ini  berdasar pada Keputuan Presiden RI No. 56/Tahun 2023, Tentang Pengangkatan dalam Jabatan Fungsional Ahli Utama dan juga Keputusan Gubernur DIY No 377-380/ Pem.D/UP/D.4 Tentang Pengangkatan dalam Jabatan Fungsional. Pada kesempatan ini, pejabat yang dilantik terdiri dari 25 kepala sekolah, kepala tata usaha sebanyak 9 orang, dan 32 jabatan fungsional.

Beny berharap proses pelantikan dapat menjadi awal bagi para pejabat untuk melaksanakan tugas di lingkungan Pemerintah Daerah DIY. “Momen pelatikan dan sumpah jabatan ini diharapkan menjadi fase kick-off bagi para terlantik dalam mengemban amanah baru di lingkungan Pemda DIY ” tegasnya.

Selanjutnya Beny menyampaikan bahwa proses penempatan yang baru ini sudah melewati pertimbangan yang sangat matang. Para terlantik dipastikan telah teruji secara kualifikasi, kapabilitas, serta kredibilitas dan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dengan makna tersebut, pelantikan kali ini dapat dimaknai sebagai awal pemicu peningkatan kinerja dalam melaksanakan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat dan melaksanakan pembangunan, khususnya upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa” pungkasnya. 

Selain itu, para kepala sekolah, para guru, dan para tenaga pendukung lainnya dapat bekerja sama dalam melakukan inovasi dan mengupayakan transformasi menuju arah modernitas seiring dengan makin kompleksnya dunia pendidikan. Pelantikan dan sumpah diharapkan menjadi cucuk lampah dalam peningkatan kualitas pengembangan sumber daya manusia Pemda DIY melalui fungsi-fungsi edukasi.

Pelantikan dan pengucapan sumpah serta penandatanganan berita acara sumpah janji pejabat fungsional secara simbolis diwakili oleh Dr. Ir. Aswin Eka Adi M.Si untuk agama Islam, Dwi Retno Wahyuningsih S.Pd, M.Hum untuk agama Katolik, mewakili agama Kristen Torino S.Pd, M.Sn.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD DIY, Perwakilan Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara (BKN), Asisten Sekretaris Daerah DIY, Staff Ahli dan Kepada OPD di lingkungan Pemda DIY.(Ts/Rd/Dl/Tia)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: