25 Feb 2022
  Humas Berita,

Pelopori Perda Pendidikan Pancasila, DIY Tuai Pujian dari Wantimpres RI

Yogyakarta (25/02/2022) jogjaprov.go.id – DIY telah berhasil mempelopori lahirnya Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Indonesia. Sidarto Danusubroto, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI mengungkapkan apresiasi dan rasa bangga atas prestasi DIY tersebut.

Ditemui usai beraudiensi dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Jumat (25/02) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, pria yang pernah menjabat sebagai Ketua MPR ini mengaku senang bisa berdialog dengan Sri Sultan. Bertemu dengan pemimpin yang mempelopori pemahaman lebih pada karakter bangsa adalah hal yang menurutnya membanggakan.

Sidarto mengungkapkan, kebanggaan tersendiri bagi DIY karena melalui Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ini dapat menjadi salah satu faktor yang menumbuhkan nasionalisme bagi generasi muda. “Saya menyampaikan penghargaan karena Jogja itu mempelopori lahirnya Perda Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Ini luar biasa dan perlu diteladani oleh daerah lain bahwa NKRI survive karena Pancasila,” kata pria yang menghabiskan masa kecilnya di DIY ini.

Menurut Sidarto, sangat penting meniupkan ruh Pancasila pada jiwa anak muda. Selain itu, melalui pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, generasi muda akan mampu membangun bangsa dengan semangat kesatuan dan persatuan.

“Sekarang hal itu (pendidikan Pancasila) betul-betul diberdayakan di DIY. Ini kita betul-betul hargai dan juga perlu kita hidupkan kembali budaya sebagai jati diri bangsa yang merupakan kekuatan kita. Kita bangga DIY mempelopori ini,” ungkap Sidarto.

Berangkat dari hal ini, Sidarto akan membawa usulan program untuk daerah lain juga mengembangkan pendidikan Pancasila dan wawasan nusantara secara lebih intens. “Nanti dari pusat supaya mengembangkan ini ke daerah lain,” pungkas Sidarto. (uk)

Humas Pemda DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: