12 Apr 2022
  Humas DIY Berita,

Pemda DIY Apresiasi Penyaluran Paket Logistik Keluarga BAZNAS DIY

Yogyakarta (12/04/2022) jogjaprov.go.id - Pemda DIY memberikan apresiasi kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) DIY yang telah menginisiasi dan menyalurkan Paket Logistik Keluarga bagi Tenaga Bantu, Outsourcing dan Pekerja Harian Lepas lainnya di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY serta program distribusi Zakat di bulan Ramadan 1443 H. Program distribusi ini juga sebagai bentuk komitmen dari BAZNAS DIY dalam pelaksanaan pengelolaan dana zakat, infaq, dan sedekah serta dana sosial, terutama yang dikumpulkan oleh Aparat Sipil Negara (ASN) Pemda DIY.

Pada kesempatan ini, Asisten Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Setda DIY Sumadi hadir sekaligus menyerahkan secara simbolis distribusi program Paket Logistik Keluarga kepada perwakilan dari penerima manfaat di Pendapa Wiyata Praja, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Selasa (12/04). Paket Logistik Keluarga secara simbolis diterima oleh penerima manfaat yang diwakilkan oleh Paniradya Kaistimewaan; BPKA DIY; Satpol PP DIY; Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIY; dan Tenaga Pendidik TPA Among Putra Kompleks Kepatihan Yogyakarta.

“Kami dari Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta mengucapkan terima kasih yang sebesar-besaranya kepada pengurus BAZNAS DIY yang telah berkenan menyiapkan dan menyalurkan bantuan logistik keluarga kepada rekan-rekan kami ini,” tutur Sumadi.

Sumadi menyampaikan bahwa Tenaga Bantu, Outsourcing, dan Pekerja Harian merupakan mitra sekaligus komponen yang penting di pemerintah daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan di DIY. Disebutkan Sumadi, tanpa Tenaga Bantu, Outsourcing, dan Pekerja Harian Lepas, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga tidak bisa bekerja banyak, optimal, dan maksimal.

Lebih lanjut Sumadi mengatakan, Pemerintah Daerah DIY juga akan terus meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan BAZNAS untuk pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah serta dana sosial melalui program-program yang dilakukan BAZNAS DIY. Program-program tersebut antara lain yaitu DIY Cerdas, DIY Taqwa, DIY Sehat, DIY Peduli, dan DIY Sejahtera.

“Walaupun kami sudah menyadari bahwa belum semuanya ASN di Pemda DIY ini punya kesadaran untuk menyalurkan zakat, infaq, sedekahnya melalui BAZNAS, memang masih ada yang secara langsung, tetapi kami berkomitmen untuk terus menghimbau kepada teman-teman kami ASN untuk bisa menyalurkannya lewat BAZNAS. Mudah-mudahan nanti, dari tahun ke tahun, ke depan BAZNAS bisa mengumpulkan dan menyalurkan sesuai dengan syariat yang dituntunkan,” ucap Sumadi.

Sementara, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) DIY Puji Astuti menyampaikan bahwa penyaluran Paket Logistik Keluarga ini merupakan salah satu dari empat program distribusi yang menjadi fokus dari program Ramadan BAZNAS DIY pada tahun 2022. Program Paket Logistik Keluarga sendiri merupakan program berbagi bingkisan berupa kebutuhan bahan pangan pokok yang diprioritaskan bagi penerima manfaat meliputi Pegawai Honorer, Tenaga Bantu, Outsourcing, dan Tenaga Harian Lepas lainnya di lingkungan pemerintah daerah DIY dengan total sebanyak lebih dari 2.400 orang.

“Juga tambahan paket dari BAZNAS RI sebanyak 150 orang yang terdiri dari berbagai profesi seperti satpam, cleaning service, driver, dan lainnya,” ujar Puji.

Selain itu, Puji mengatakan, program distribusi kedua Ramadan BAZNAS DIY adalah syiar Al-Qur’an dan kajian berbuka Ramadan, yakni syiar penguatan aqidah dan ibadah umat muslim melalui penyediaan Al-Qur’an di tempat ibadah dan juga pondok pesantren yang membutuhkan. Edukasi mengenai zakat turut diberikan kepada masyarakat luas melalui siaran berbagai media massa, baik televisi, koran, radio, media sosial, dan kanal-kanal produktif lainnya.

“Yang ketiga, layanan konter mustahik dan pembukaan gerai muzaki yakni bantuan darurat mustahik prioritas melalui relawan lembaga program BAZNAS, tanggap bencana, dan layanan aktif BAZNAS serta berbagai hidangan berbuka puasa kepada warga yang tinggal di sekitar TPST Piyungan dan lokasi-lokasi lainnya,” jelas Puji.

Program distribusi Ramadan BAZNAS DIY yang ke empat yaitu penyaluran zakat fitrah dan fidiyah. Program ini memberikan layanan kemudahan bagi setiap muslim dalam menunaikan zakat fitrah dan fidiyahnya yang kemudian disalurkan dalam bentuk kemasan beras lima kilogram kepada mereka yang membutuhkan.

“Ditargetkan lebih dari 3000 pack beras zakat fitrah yang akan disalurkan dan diharapkan terus bertambah hingga menjelang Idul Fitri nanti,” kata Puji.

Puji mengatakan bahwa agar potensi pengelolaan zakat khususnya di DIY tergarap maksimal dan kian meningkat dari tahun ke tahun, maka perlu adanya kolaborasi positif dari semua pihak. Dengan demikian kehadiran BAZNAS DIY dapat menjadi salah satu motor penggerak perekonomian Islam di DIY dan berkontribusi nyata dalam penurunan angka kemiskinan secara berkelanjutan di DIY.

Adapun, distribusi penyaluran Paket Logistik Keluarga akan dikirim secara bertahap, dimulai pada Rabu 13 April 2022 melalui OPD induk sesuai data dari Badan Kepegawaian Daerah DIY. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, jajaran Pengurus BAZNAS DIY, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY, Kepala Kantor Regional I BKN Yogyakarta, para Kepala OPD di lingkungan Pemda DIY atau yang mewakili, serta tamu undangan lainnya. (Han)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: