15 Mei 2018
  Humas Berita,

Pemda DIY Gelar Talkshow Menuju UHC 2019

Yogyakarta (15/05/2018) jogjaprov.go.id – Dinas Kesehatan DIY menggelar talkshow mengenai Advokasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menuju Universal Health Coverage (UHC) 2019. Acara yang digelar di Gedung Radyosuyoso Kompleks Kepatihan Yogyakarta pada Selasa (15/05) ini membahas Jaminan Kesehatan Nasioanal yang ada di Indonesia, khususnya Yogyakarta.

Sekretaris Daerah DIY Ir. Gatot Saptadi, MT., dalam sambutannya menuturkan, UHC merupakan isu yang cukup penting di negara maju dan berkembang, ini karena bertujuan memberikan jaminan kepada seluruh warga negara dengan pasti untuk mudah mendapatkan pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu.

“Akses pelayanan kesehatan bisa komprehensif serta pembiayaan terjangkau melalui mekanisme jaminan kesehatan. Pelayanan kesehatan yang baik sudah diatur dalam UU Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. Bahkan telah ditegaskan, setiap orang mempunyai hak yang sama untuk memperoleh akses atas sumber daya dalam bidang kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu serta terjangkau,” paparnya.

Diungkapkan Sekda DIY, Indonesia memiki program jaminan kesehatan Kartu Indonesia Sehat dengan harapan mampu memberikan kontribusi, meningkatkan umur harapan hidup bangsa Indonesia, menurunkan angka kematian ibu, menurunkan angka kematian bayi dan balita, serta penurunan angka kelahiran. Selain itu dapat terlayaninya kasus-kasus kesehatan pada umumnya.

“Karena melihat sekarang ini banyak yang tidak memadai mengenai pelayanan kesehatan masyarakatnya, untuk itu perlu didukung dari berbagai pihak dan informasi yang akurat,” imbuh Sekda DIY.

Dikatakan Ir. Gatot Saptadi, MT., kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting. Sebuah daerah jika angka terjangkit penyakitnya rendah, merupakan salah satu bentuk kesuksesan suatu wilayah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakatnya.

Talkshow ini dihadiri pula oleh Guru Besar Fakultas Kedokteran UGM Prof. dr. Ali Ghufron Mukti., M.Sc., Ph.D sebagai pembicara inti. (Af)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: