18 Mei 2022
  Administrator Berita,

Pemda DIY Raih 3 Penghargaan Kearsipan Tingkat Nasional

 

Pekanbaru (18/05/2022) jogjaprov.go.id - Pemda DIY meraih tiga Penghargaan Tingkat Nasional di Bidang Kearsipan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Kearsipan yang diselenggarakan oleh ANRI untuk memperingati Hari Kearsipan Nasional ke-51. Penghargaan yang diperoleh yaitu Penghargaan Nilai Pengawasan Kearsipan Terbaik Nasional, Penghargaan Simpul Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) Terbaik Nasional, dan Penghargaan Arsip Selokan Mataram sebagai Memori Kolektif Bangsa.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X didampingi oleh Kepala DPAD DIY Monika Nur Lastiyani menerima penghargaan tersebut secara langsung dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo pada Rabu (18/05) di Hotel Pangeran, Pekanbaru, Riau. Beliau menyampaikan terima kasihnya atas penghargaan ini dan akan terus mempertahankan predikat yang telah diperoleh. "Dalam rangka mempertahankan predikat ini, Pemda DIY akan melakukan pemenuhan kebutuhan arsiparis di tiap OPD, meningkatkan kompetensi Pengelola Arsip, mengikutsertakan diklat kearsipan untuk Pimpinan Unit Kearsipan, dan penyediaan ruang simpan arsip sesuai standar," ungkapnya.

Sri Paduka menyebutkan bahwa prestasi yang diperoleh Pemda DIY ini merupakan hasil sinergi antara DPAD DIY dan seluruh OPD yang telah melaksanakan tata kelola arsip sesuai ketentuan yang berlaku.
"Saya berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi dan energi positif untuk optimalisasi dan peningkatan kinerja dalam memastikan pengelolaan kearsipan yang berkualitas," tambahnya.

Sementara itu Tjahjo Kumolo menyebutkan pentingnya pengelolaan arsip. "Kepada seluruh jajaran mulai Pemerintah Provinsi sampai pemerintah desa kelurahan untuk perlunya menghimpun adanya arsip daerah sampai arsip kelurahan desa dan juga mendorong mulai dari provinsi sampai ke tingkat kelurahan desa perlu adanya perpustakaan sekecil apapun juga," jelasnya.

DIY meraih nilai tertinggi dalam bidang pengawasan kearsipan yang didasarkan oleh beberapa hal, antara lain yaitu adanya Diorama Kearsipan yang dilengkapi dengan teknologi hologram. Selain itu, DIY juga memiliki Depo Arsip 5 lantai dan ribuan khazanah arsip statis online yang dapat diakses melalui Sistem Informasi Kearsipan Statis (SIKS).
Di lain pihak, Arsip Selokan Mataram ditetapkan sebagai Memori Kolektif Bangsa karena telah memenuhi kriteria signifikansi sejarah baik secara politik, ekonomi, spiritual, maupun ketokohan. Arsip tersebut juga memenuhi kriteria bentuk dan corak arsip yang berupa tekstual, foto, kartografi, audio visual, dan film.

DIY juga meraih Penghargaan Simpul Jaringan Terbaik Nasional 2022 yang merupakan Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN). Dalam pengelolaan jaringan, DIY unggul dalam hal banyaknya data entri yang dilakukan, banyaknya akses terhadap data informasi tersebut, inovasi yang dilakukan terhadap sistem informasi tersebut serta dukungan pemangku kepentingan baik dalam hal kebijakan maupun penganggaran untuk penguatan SIKN & JIKN. (sf)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: