18 Jan 2022

Pemda DIY Sambut Baik RRI Tingkatkan Kerja Sama Publikasi

Yogyakarta (18/01/2022) jogjaprov.go.id - Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji menyambut baik inisiasi Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Yogyakarta dalam upaya peningkatan kerja sama terkait penyebarluasan informasi seputar kegiatan Pemda DIY dan kepala daerah. Aji menuturkan peningkatan kerja sama ini dilakukan untuk memaksimalkan hubungan baik antara Pemda DIY dan RRI yang sudah lama terjalin dan memperluas target sasaran informasi. 

“Saya kira bukan hanya informasi terkait Pemda DIY dan keistimewaan DIY saja, tapi juga bisa menyebarluaskan event atau agenda budaya,” ujar Aji. Pernyataan tersebut disampaikan Aji saat menerima audiensi Kepala LPP RRI Yogyakarta Danang Prabowo beserta jajaran di Ruang Rapat Sekda DIY, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (18/01) pagi. 

Aji mengatakan, dalam waktu dekat, perlu dilakukan berbagai sosialisasi terkait agenda yang akan digelar. “Selama ini RRI biasanya menyiarkan Sapa Aruh yang dilakukan Ngarsa Dalem. Mungkin agenda semacam ini juga bisa terus disebarluaskan mengingat pentingnya pesan yang disampaikan,” tambah Aji. 

Lanjut Aji, nantinya RRI dapat menyampaikan ide-ide terkait pemberitaan seputar Pemda DIY kepada Gubernur DIY. “Silakan saja bisa ditindaklanjuti dengan bersurat untuk Bapak Gubernur dan menyampaikan maksud serta ide supaya menjadi perhatian Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur (DIY),” imbuh mantan Kepala Disdikpora DIY ini. 

Sementara, Kepala LPP RRI Yogyakarta Danang Prabowo mengatakan RRI siap mendukung penyebarluasan sekaligus edukasi seputar agenda Pemda DIY maupun pimpinan. “Termasuk dalam waktu dekat siap men-support rangkaian agenda peringatan penobatan (Tingalan Jumenengan Dalem) Ngarsa Dalem. Ini bisa disisipi dengan konten edukasi yang berkaitan dengan keistimewaan Jogja,” jelas Danang.

Ia menyampaikan, RRI akan turut berperan dalam sosialisasi terkait penetapan tanggal 1 Maret sebagai Hari Besar Nasional dengan rencana nama Hari Penegakan Kedaulatan Negara. “Kami siap membantu publikasi ataupun sosialisasinya karena termasuk momen bersejarah yang terjadi di Jogja, sehingga ada nilai yang harus diketahui masyarakat,” tambah Danang. 

Selain itu, Danang berharap agar Pemda DIY memberikan perhatian khusus terhadap siaran pentas ketoprak yang masih disiarkan RRI hingga saat ini. “Kami saat ini masih rutin menggelar siaran ketoprak. Mohon kiranya dapat difasilitasi untuk mendukung agenda tersebut, mungkin melalui Dinas yang ditunjuk langsung,” urai Danang. 

Berkaitan dengan hal tersebut, sesuai arahan Sekda DIY, pihaknya akan melakukan audiensi dengan Dinas Kebudayaan DIY untuk membahas promosi dan keberlangsungan seni ketoprak. Di sisi lain, juga membicarakan mengenai pembinaan bagi para pelaku seni ketoprak baik dari sisi materi maupun kemampuannya. “Keparenga untuk selanjutnya kegiatan ketoprak ini tetap mendapat ruang untuk terus ada,” pungkasnya. [vin]

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: