14 Mar 2022

Pemda DIY Siap Dukung Penuh Rangkaian G20 di DIY

Yogyakarta (14/03/2022) jogjaprov.go.id - Berdasarkan pesan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Pemda DIY akan berupaya menjadi tuan rumah yang baik dari rangkaian kegiatan G20 yang akan diselenggarakan di DIY. Selain itu, warga DIY juga diimbau untuk bisa menyambut dengan baik para tamu mancanegara dengan menampilkan semua yang terbaik dari DIY.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji pada Konferensi Pers Rangkaian Kegiatan Presidensi G20 2022 di DIY pada Senin (14/03) secara daring. Menurut Aji, para tamu mancanegara ini harus merasa disambut dengan baik selama di DIY.

“Kita sebagai warga Jogja harus bisa menunjukkan kelebihan kita selama mereka (para degelasi G20) ada di Jogja. Untuk itu, sudah disusun pula agenda kunjungan ke beberapa destinasi wisata dan UMKM,” ungkapnya.

Aji berharap warga DIY juga bisa ikut merasa punya gawe menyambut tamu mancanegara ini karena setelah kembali ke negara masing-masing, para delegasi ini dipastikan akan menyampaikan pengalaman mereka selama di DIY. Aji berharap kondisi DIY akan terus kondisif dan stabil.

“Dengan adanya penyelenggaraan rangkaian G20 di DIY, DIY sebagai salah satu destinasi wisata diharapkan bisa turut meningkatkan pariwisata, ekspor maupun pemberdayaan UMKM. Dan yang terpenting, suksesnya penyelenggaraan G20 di DIY sangat tergantung peran serta media dalam menyebarluaskan serta menginformasikan setiap kegiatan,” paparnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY, Agus Priyono mengatakan, DIY menjadi salah satu venue utama dalam penyelenggaraan G20 di Indonesia. Sampai saat ini telah terkonfirmasi akan diselenggarakan sepuluh pertemuan di DIY, di mana salah satunya merupakan pertemuan tingkat menteri dan sisanya pertemuan setingkat dirjen atau disebut working group.

“Kegiatan pertama akan diselenggarakan working group on education pada 16-18 Maret 2022. pada intinya kami berupaya agar dampak penyelenggaraan G20 bagi Indonesia, khususnya DIY bisa maksimal,” ungkapnya.

Terkait dukungan, Agus mengungkapkan, Pemda DIY akan memberikan dukungan optimal untuk kelancaran pelaksanaan G20 di DIY. Untuk itu pihaknya telah melakukan koordinasi dengan penyelenggara di tingkat nasional maupun berbagai pihak terkait kesehatan sebagai langkah antisipasi.

“Para delegasi yang hadir di DIY juga akan disuguhkan pariwisata, budaya, dan kuliner khas Yogyakarta. Selain itu, akan dilakukan pula kunjungan ke Candi Prambanan, Candi Borobudur, sentra batik Giriloyo, dan Keraton Yogyakarta,” imbuhnya.

Menurut Agus, G20 merupakan forum yang penting karena tidak semua anggota di Asia menjadi anggotanya. Untuk itu, Presidensi G20 Indonesia 2022 menjadi momentum penting Indonesia, sehingga sudah seharusnya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Dan suksesnya gelaran G20 ini bukan hanya dari substansi persidangannya saja,  tapi juga dari aspek penyelenggaraannya. Dan selama di DIY, para delegasi ini akan terus didampingi. Bahkan pendampingan dilakukan sejak dari Jakarta, sehingga mereka tidak bergerak bebas,” tuturnya. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: