28 Okt 2022

Pemuda, Tulang Punggung Kejayaan Sepanjang Masa

Yogyakarta (28/10/2022) jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menghadiri Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 DIY di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta pada Jumat (28/10). Pada upacara kali ini, Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Kapolda DIY yang membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudian Amali mengatakan, pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

“Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya. Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa,” ungkapnya.

Suwondo pun menuturkan, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran bagaimana seharusnya menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Pemuda saat ini juga harusnya mampu memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

“Pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian, serta dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia. Hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras” katanya.

Dipaparkan Suwondo, jika melihat kondisi pemuda Indonesia saat ini, terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan. Sudah banyak pula pemuda Indonesia yang telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun internasional.

“Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang. Namun kita juga khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan,” imbuhnya.

Suwondo menambahkan, terhadap situasi yang masih menjadi ancaman para pemuda tersebut, upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri, serta berkarakter mulia, perlu dikembangkan. Dengan begitu pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.

Sementara itu, tema peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini adalah ‘Bersatu Bangun Bangsa’. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan. Dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang. Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa,” tuturnya.

Di akhir upacara dilakukan pula penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba Sentra Kewirausahaan Pemuda Tahun 2022 di DIY. Lomba yang diadakan  oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY ini bertujuan untuk memilih sentra kewirausahaan pemuda yang potensial untuk pengembangan kewirausahaan pemuda di DIY. Kegiatan ini dalam rangka mendukung RPJMD DIY sebagai upaya membuka lapangan kerja, sehingga nantinya pemuda bukan lagi pencari kerja, tetapi menjadi pencipta lapangan pekerjaan. Lomba ini  telah dilaksanakan pada 24 Oktober 2022 lalu.

Juara pertama diraih Sentosa Fishery Indonesia di Tamantirto, Kasihan, Bantul; juara kedua adalah Sayur Sleman di Mangunan, Caturharjo, Sleman; juara tiga diraih Lapak Karya di Suryodinangratan, Mantrijeron, Yogyakarta. Selanjutnya, juara harapan 1 diraih oleh Petani Milenial Sarana Makmur, Margoluwih, Seyegan, Sleman; harapan 2 adalah R.A.S Mart; dan harapan 3 diraih Jogja Migunani Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman. (Rt/Sis/Ts)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: