28 Apr 2016
  Humas Berita,

Penandatangan Kerjasama 12 BUMN Spirit Joglo Semar

 

 

 

YOGYAKARTA (27/04/16) Jogjaprov.go.id - Kontribusi BUMN mendukung program kepariwisataan nasional. Pelaksanaan launching “spirit joglo semar” sukses dilaksanakan dengan telah ditanda tangani perjanjian oleh 12 BUMN yang mendukung program Spirit Joglo semar pada rabu (27/04)

Perjanjian kerjasama Destinasi ditandatangai oleh 4 (empat) BUMN yaitu PT Taman Wisata Candiborobudur, Prambanan Dan Ratuboko PT Kereta Api Indonesia Persero, Perum Perhutani, Dan PT Perkebunan Nusantara IX. Perjanjian Kerjasama Intermoda I Yaitu PT Garuda Indonesia. Tbk, PT Agkasa Pura I Persero PT Kereta Api Indonesia Persero, Kerjasama Intermoda II Yaitu PT Pelindo III Persero, Perum Damri, PT Garuda Indonesia, PT KAI, Angkasa Pura I  dan PT Taman Wisata Caribodur, Prambandan, Dan Ratuboko. Penandatangan tersebut disaksikan oleh menteri BUMN I  Rini Sumarno secara langsung.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan Menteri BUMN oleh   Rini Sumarno. Dalam sambutanya   menjelaskan bahwa, program joglo semar ini merupakan integrasi dari program sinergi BUMN membangun negeri. Salah satu program tersbut ialah bidang kepariwisataan yang memiliki target 2 juta wisatawan sampai 2019. Untuk menyukseskan kawasan segita emas joglo semar ini tidak akan berjalan baik tampa dukungan pemerintah Jawatengah dan DIY yang berkesinabungan.

Waktu yang tidak terlalu lama, hanya tiga tahun untuk mencapai tahun 2 juta jiwa sampai 2019. konektifitas transportasi intermoda sangat menjadi utama. Selain itermoda BUMN diminta untuk memperhatikan fasiltas sarana dan prasarana dalam menciptakan kenyamanan pariwisata.

 Gubernur DIY juga meberikan sambutan menegaskan bahwa Kawasan segitiga emas joglo semar adalah kawasan strategis tiga wilayah administrative pemerintahan yang dirancang untuk masuk akumulasi dan  sinergi potensi pariwisata lintas batas. Duplikasinya perlu adanya rekumulasi objek Borobudur dan atraksi wisata didalam komfigurasi ruang kepariwisataan yang penting sebagai perwujudan kemitraan menuju sukses bersama.

perkembangan pariwisata dunia dewasa ini juga ditambah isu penting, antara lain semakin meningkatnya posisi antar destinasi, perubahan dari service ke experior, perkembangan teknologi informasi dan adanya kesepakatan internasional dalam bidang ekonomi, politik dan investasi.

Dengan ditandanginya MoU sinergi 12 BUMN pariwisata degan pemda jawa tengah dan DIY dapat memberikan solusi yang signifikan dalam mempertanggungjawabkan kebijakan, fleksibel terhadap bisnis, kredibel terhadap dalam menciptakan lapangan kerja yang menjamin eksitensi lingkungan yang berkelanjutan. Degan visi dan harapan itulah pemda DIY menyambut baik dan mengapresiasi langkah langkah yang dipersiapkan oleh taman wisata candi borobudur dan ratu boko dengan mengisi maghnet yang menghidupkan kembali jogjlo semar bagi kesejahteraan rakyat.

Acara tersebut merupakan program kerjasama pemerintah pusat dan BUMN serta pemerintah daerah. Peresmian tersbut dilaksanakan di kawasan taman wisata candi prambanan   acara dilanjutkan dengan   penabuhan genderang brsama  oleh Menteri, Gubenur jawa tengah dan Gubernur DIY, sebagai tanda kerjasama telah dimulai.(mh/***)

HUMAS DIY

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: