22 Mei 2022
  Humas DIY Berita,

Penjabat Ketua TP PKK Kota Yogyakarta dan Kab. Kulon Progo Diharap Beri Warna Baru dalam Implementasi Sepuluh Program Pokok PKK

Yogyakarta (22/05/2022) jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X hadir menyaksikan seremonial Pelantikan dan Pengukuhan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta dan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kulon Progo yang bertempat di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Minggu (22/05) siang. Ketua Tim Penggerak PKK DIY GKR Hemas yang pada kesempatan ini diwakili oleh Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK DIY GKBRAy A. Paku Alam melantik Suni Fatma, S.Pd. sebagai Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta dan Priyatinah Trisaktiyana sebagai Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kulon Progo.

Pelantikan ini berdasarkan pada Surat Keputusan Ketua Tim Penggerak PKK DIY Nomor 01/SKEP/PKK.DIY/V/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kulon Progo dan Nomor 02/SKEP/PKK.DIY/V/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta. Sebelum pelantikan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kulon Progo dijabat oleh Dra. Sri Wahyu Widhati, sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta dijabat oleh Hj. Tri Kirana Muslidatun S.Psi.

Membacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga selaku Ketua Pembina Tim Penggerak PKK DIY, Sri Paduka mengatakan, di hari yang sama dengan pelaksanaan seremonial pelantikan ini, Pemerintah Daerah DIY telah melaksanakan salah satu agenda penting transisi pemerintahan melalui pengangkatan Penjabat Bupati Kulon Progo dan Walikota Yogyakarta. Pengangkatan kedua Penjabat Walikota dan Bupati tersebut, diikuti dengan pelantikan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo, sebagai manifestasi aktualisasi sinergisitas tata kelola pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat, sesuai dengan  perannya masing-masing.

Sri Paduka menuturkan bahwa gerakan PKK sebagai wadah aktivitas sosial kemasyarakatan keluarga, khususnya kaum perempuan, memiliki sejarah yang panjang, di mana seluruh upaya yang dilakukan oleh Gerakan PKK harus diarahkan pada terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih sejahtera. Suasana keluarga sejahtera harus tercemin pada kehidupan keluarga yang saling mengasihi, sebagai norma dasar terwujudnya keharmonisan kehidupan keluarga, yang didukung oleh kelayakan kehidupan sosial ekonomi dalam memenuhi kebutuhan hidup.

“Saya percaya, dengan berbekal pengalaman sebagai anggota aktif Tim Penggerak PKK Daerah Istimewa Yogyakarta, Ibu Suni Fatma, S.Pd. dan Ibu Priyatinah Trisaktiyana dapat memberikan warna baru dalam implementasi Sepuluh Program Pokok PKK di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo,” ucap Sri Paduka.

Berbagai upaya seperti pengembangan literasi finansial keluarga, literasi media, kegiatan Pos Pelayanan Terpadu, pelatihan keterampilan bagi ibu rumah tangga dan remaja puteri, penyuluhan kesehatan reproduksi serta edukasi tentang bahaya narkotika sejak usia dini, diharapkan dapat menjadi penguat fondasi keluarga di Daerah Istimewa Yogyakarta. Semua ini, dikatakan Sri Paduka tentunya harus dikemas selaras dengan perkembangan zaman, dimana teknologi tepat guna perlu mentransformasi pelaksanaan menuju tataran “digital-online”.

“Sejak saat pelantikan ini, saya mengharapkan agar Penjabat Ketua beserta seluruh jajaran PKK segera mengambil langkah-langkah terencana dan memiliki dampak luas bagi tumbuhnya semangat pemberdayaan menuju kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” harap Sri Paduka.

Selain itu, Sri Paduka juga berharap, melalui suasana kehidupan yang penuh kasih-sayang, akan tercipta solidaritas sosial antarkeluarga dan antar anggota masyarakat, dan pada gilirannya dapat mendukung terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa dalam suasana kehidupan yang lebih aman, damai, dan sejahtera. “Terkhusus kepada Ibu Suni Fatma, S.Pd. dan Ibu Priyatinah Trisaktiyana, saya ucapkan selamat bekerja dan mengabdi demi kesejahteraan keluarga, masyarakat dan bangsa,” tutur Sri Paduka.

Pelantikan yang dilakukan oleh GKBRAy A. Paku Alam atau yang kerap disapa dengan Gusti Putri kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan naskah pelantikan oleh Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kulon Progo, dan Ketua Tim Penggerak PKK DIY yang diwakili oleh Gusti Putri. Selanjutnya, pengukuhan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta dilakukan oleh Penjabat Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta Sumadi, SH. yang juga selaku Penjabat Walikota Yogyakarta, diikuti dengan pengukuhan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kulon Progo oleh Penjabat Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Kabupaten Kulon Progo Drs. Tri Saktiyana yang juga selaku Penjabat Bupati Kulon Progo.

Serah terima jabatan ditandai dengan penandatanganan berita acara yang dilanjutkan penyerahan Buku Memori dari Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo Masa Bakti 2017-2022 kepada Ketua Tim Penggerak PKK DIY, Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Kabupaten Kulon Progo, dan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kulon Progo. Piagam penghargaan, plakat dan cinderamata secara simbolis turut diserahkan oleh Gusti Putri kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo Masa Bakti 2017-2022.

Adapun seremonial pelantikan ini juga dihadiri oleh Walikota Yogyakarta dan Bupati Kulon Progo masa bakti 2017-2022, para kepala OPD di lingkungan Pemda DIY maupun Pemerintah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo, serta segenap hadirin tamu udangan lainnya, baik secara daring maupun luring. (Han)

 

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: