09 Mei 2023
  Humas DIY Berita,

Perdana Bertugas di DIY, Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita Sowan Wagub DIY

Yogyakarta (09/05/2023) jogjaprov.go.id – Perdana bertugas di DIY sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita, S.Ag., M.M., M.Tr.Hanla., M.M., CIQnR., CIQaR. menemui Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X pada Selasa (09/05). Sri Paduka menerima kunjungan Danlanal Yogyakarta tersebut di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Sebelum menjabat sebagai Danlanal Yogyakarta, Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita yang merupakan putri kelahiran Aceh ini bertugas di Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal), Cipulir, Jakarta Selatan. Jabatan sebagai Danlanal Yogyakarta ini diisi oleh Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita, menggantikan Laksamana Pertama TNI Damayanti yang kini bertugas sebagai Inspektur Komando Lintas Laut Militer di Jakarta Utara.

“Selamat datang di Yogyakarta. Selamat bertugas. Saya berdoa semoga Ibu sehat dan lancar,” tutur Sri Paduka.

Mengawal ketugasan perdana Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita di DIY ini, pada pertemuan tersebut, Sri Paduka pun menceritakan dan mengenalkan berbagai hal terkait DIY. Mulai dari informasi mengenai kondisi geografis, demografi, sistem pemerintahan, sejarah perkembangan TNI AL di Yogyakarta, hingga kebudayaan.

Terkait menjalani ketugasan di Yogyakarta, Sri Paduka mengatakan, di masa mendatang Danlanal Yogyakarta tentu akan terlibat dalam beberapa kegiatan bersama Forkopimda DIY. “Kebijakan Pak Gubernur untuk kegiatan-kegiatan di DIY, itu mungkin akan melibatkan Forkopimda. Jadi mungkin nanti suatu ketika, Ibu siap untuk jadi Irup,” ungkap Sri Paduka.

Pada kesempatan tersebut, Sri Paduka turut menyerahkan buku Ajaran Kepemimpinan Asthabrata Kadipaten Pakualaman. Adapun seusai pertemuan, Sri Paduka bersama Danlanal Yogyakarta berkeliling untuk melihat bangunan-bangunan di sekitar Kompleks Kepatihan.

Ditemui usai kunjungan tersebut, Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita menyampaikan, ketugasan sebagai Danlanal Yogyakarta ini menjadi ketugasan pertama bagi dirinya di DIY. “Kami pertama kali bertugas di Jogja. Sebelumnya kami di Jakarta terus dan ini mutasi kami yang paling jauh” ucapnya.

Dirinya menyampaikan, dirinya pun terkesan dengan Wakil Gubernur DIY. “Beliau itu sangat luar biasa. Luar biasa dalam artian beliau itu pengetahuannya tidak hanya tentang Yogyakarta, tapi sangat luas. Apalagi pengetahuan tentang angkatan laut, luar biasa. Lebih mengetahui beliau mungkin dibandingkan saya,” ujarnya.

Dikatakannya, Sri Paduka berharap dirinya dapat cepat beradaptasi dengan keadaan di Yogyakarta. “Karena mungkin akan menjadi kendala bagi kami adalah bahasa. Tapi selama kami beberapa hari ini itu bukan suatu hal yang menjadi kendala,” jelasnya.

Selanjutnya Danlanal berharap, dirinya dapat membawa Lanal Yogyakarta menjadi lebih baik lagi. Pihaknya akan meneruskan kebijakan-kebijakan yang sebelumnya telah dilakukan oleh pendahulunya serta melakukan inovasi.

“Kami akan berinovasi dengan yang kami bisa. Ingin membawa Yogyakarta terutama Lanal Yogyakarta yang lebih baik. Tentu saja ini tidak bisa dipungkiri harus bersinergi dengan stakeholder yang ada di Yogyakarta,” tutupnya. (Han/Jon/Hk)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: