23 Jun 2022
  Humas DIY Berita,

Peringatan Harganas DIY Wajib Libatkan Kader KB

Yogyakarta (23/06/2022) jogjaprov.go.id – Tanggal 29 Juni 2022 akan menjadi Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke-29. Pada penyelenggaraan peringatan Harganas ke-29 Tahun 2022 DIY, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengimbau Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY bisa melibatkan kader-kader KB.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X saat menerima audiensi dari rombongan Perwakilan BKKBN DIY di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Kamis (23/06). Menurut Sri Paduka, para kader merupakan ujung tombak dari segala program kerja BKKBN selama ini. Para kader KB diyakini juga dapat turut berperan penting dalam menyukseskan penyelenggaraan Peringatan Harganas ke-29 Tahun 2022 DIY mendatang.

“Karena kader-kader itu ujung tombak kita. Saya yakin seyakin-yakinnya panjenengan itu tidak bisa apa-apa kalau tidak ada mereka. Pesan saya itu saja pak. Bagaimana kemudian keterlibatan dan ruang kepada warga terutama kader-kader panjenengan dapat diturutsertakan,” tutur Sri Paduka.

Sri Paduka juga berpesan, agar penyelenggaraan Peringatan Harganas ke-29 Tahun 2022 DIY dilaksanakan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan pandemi Covid-19. “Penyelenggaraannya itu tetap dengan protokol kesehatan. Bagaimana tetap nanti di dalam penyelenggaraan tetap waspada ya,” ujar Sri Paduka.

Sebagai informasi, puncak Peringatan Harganas ke-29 Tahun 2022 akan dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) dari Kota Medan pada tanggal 29 Juni mendatang. Ditemui usai melakukan audiensi dengan Sri Paduka, Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin menyampaikan bahwa Perwakilan BKKBN DIY juga akan menyelenggarakan Peringatan Harganas ke-29 Tahun 2022 pada 29 Juni 2022 bertempat di Kantor Wali Kota Yogyakarta. Shodiqin berharap Gubernur DIY dapat turut hadir dalam peringatan tersebut.

Selain itu, dikatakan Shodiqin bahwa DIY ditujuk sebagai penyelenggara kegiatan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas GenRe tingkat Nasional (Adujak Nasional) pada tanggal 13-17 Juli 2022. Shodiqin menambahkan kegiatan Adujak Nasional ini akan diikuti oleh para Duta GenRe dari seluruh Indonesia.

“Ini akan dihadiri oleh kurang lebih seribu orang. Tadi sudah diberi arahan dari Sri Paduka supaya nanti kegiatan-kegiatan nasional tetap mengikuti aturan-aturan dan protokol dari Daerah Istimewa Yogyakarta,” kata Shodiqin.

Duta Generasi Berencana (GenRe) berperan penting untuk menyosialisasikan bahwa keluarga adalah segala-galanya. "Generasi Yang Punya Rencana" atau yang disingkat GenRe merupakan suatu program yang diluncurkan oleh pemerintah melalui BKKBN. Program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. (Han/Ad)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: