27 Sep 2012
  Humas Berita,

Peringati Dasawarsa UU No.28 Tahun 2002 PP2B-DIY Gelar Berbagai Kegiatan

Peringati Dasawarsa UU No.28 Tahun 2002 PP2B-DIY Gelar Berbagai Kegiatan

Dirjen Cipta Karya: Bencana Seringkali Disebabkan Oleh Perilaku Masyarakat Yang Abaikan Daya Dukung Lingkungan

YOGYAKARTA (27/09/2012) pemda-diy.go.id Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung, meski sudah 10 tahun berjalan, namun implementasi di lapangan masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pertemuan dalam seminar Dasawarsa Undang-Undang tersebut, dapat digunakan sebagai ajang untuk introspeksi diri, dengan harapan moment/spirit ini menjadikan implementasinya ke depan akan lebih baik sesuai dengan harapan bersama.

Demikian disampaikan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Perumahan dan ESDM RI Ir. Budi Yuwono Prawiro Sudirdjo, Dipl., SE. ketika membuka Seminar sehari Memperingati Dasa Warsa Implementasi Undang-undang Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung tadi pagi (Kamis,27/09) di Gedung Pusat Informasi Pengembangan Pemukiman dan Bangunan DIY (PP2B-DIY) yang dihadiri Direktur Penataan Bangunan dan Lingkungan Perkotaan Kemneterian PU Perumahan dan ESDM Ir. Guratno Hartono.MBC, Kepala Dinas PU Perumahan dan ESDM DIY Ir. Rani Syamsinarsi.MT.

Menurut Ketua Penyelenggara Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan ESDM DIY Muhammad Mansur, menjelaskan bahwa undang-undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung telah diturunkan ke dalam Peraturan Pemerintah Nomor 36 tahun 2005 sebagai implikasi dari peraturan perundang-undangan di daerah yang kemudian diimplementasikan di 1 kota dan 4 kabupaten di daerah, Daerah istimewa Yogyakarta telah memperdakan dan saatnya untuk disosialisasikan kepada masyarakat mengingat DIY merupakan wilayah rawan gempa.

Adapun tema dari kegiatan seminar sehari dan pameran yang diselenggarakan selama 3 hari mulai hari ini (27/09 sampai dengan 29/09) adalah Implementasi Bangunan Andal di daerah Rawan Bencana Atas tema tersebut disusun beberapa kegiatan yang secara jhusus disesuaikan dengan targetpartisipan dirancang bisa melibatkan dan mencakup anak-anak dari usia Sekolah Dasar, SMP, SMA dan Mahasiswa. Tujuan dari kegiatan ini disamping untuk menyebarluaskan informasi bidang penataan bangunan dan lingkungan,peningkatan kapasitas aparat dan masyarakat dibidangpenyelenggaraan bangunan gedung dan lingkungan, pengenalan dan sosialisasi tentang bangunan andal dan peningkatan pemahaman public terkait implementasi bangunan andal di daerah rawan bencana.

Dalam rangka memperingati Dasa Warsa Implementasi UU No.28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung tersebut selain diselenggarakan Seminar juga diadakan Lomba Karya Tulis dengan Tema Bangunan Gedungku Andal untuk pelajar SMA/SMK/MA dan Mahasiswa S1. Lomba Menggambar bagi pelajar SD kelas 3-6, SMP kelas 7- 9 , Pameran dan Takshow serta Simulasi Penanggulang Bencana Alam.

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Perumahan dan ESDM RI Ir. Budi Yuwono Prawiro Sudirdjo, Dipl., SE. dalam sambutannya lebih lanjut menyatakan bahwa geografis dan sumberdaya alam yang strategis yang seharusnya kita jaga, namun kita telah mengajarkan keseimbangan antara alam dan bangunan serta lingkungannya yang terbukti mampu beradaptasi dengan baik. Namun saat ini tandas Dirjen telah terjadi degradasi sebagai akibat pembangunan yang tidak memperhatikan persyaratan pembangunan gedung serta mengabaikan kaidah-kaidah keharmonisan dan keseimbangan lingkungan dalam penyelenggaraan yang menimbulkan berbagai permasalahanterumata ketika terjadi bencana . hal ini tidak luput menyangkut bangunan gedung . Tidak semua bencana disebabkan oleh perilaku alam, namun seringkali disebabkan oleh perilaku masyarakat yang mengabaikan daya dukung lingkungan antara lain lokasi yang tidak sesuai dengan peruntuikannya,tidak memenuhi persyaratan teknis yang dapat berdampak kerugian material bahkan korban jiwa.

Usai membuka Rangkaian Kegiatan Memperingati Dasawarsa Implementasi UU Nomor 28 tahun 2002Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Perumahan dan ESDM RI Ir. Budi Yuwono Prawiro Sudirdjo, Dipl., SE. dilanjutkan peninjauan pameran di Komplek edung PIP2B DIY di Jalan Kneari, Yogyakarta. (Kar)

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: