18 Des 2020

Peringati Hari Ibu, TP PKK DIY Gelar Rapid Test Massal Gratis

Yogyakarta (18/12/2020) jogjaprov.go.id - Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang ke-92, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan (TP PKK) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar rapid test massal gratis. Acara pemeriksaan rapid test massal ini diselenggarakan di Pendapa Wiyatapraja, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jum’at (18/12). Acara Rapid Tes Masal ini juga merupakan bagian dari kerjasama antara kerjasama antara Tim Penggerek PKK DIY dengan IKAPTK DIY. Sebelumnya kerjasama ini telah ditandai dengan kegiatan Gebrak Masker pada masa awal pandemi Covid 19.

Acara ini dihadiri oleh Ketua TP PKK DIY, GKR Hemas; Wakil Ketua 1 TP PKK DIY, GKBRAyA Paku Alam, dan Sekretaris TP-PKK DIY, Anggi Bambang. Pada acara tersebut, Anggi Bambang menuturkan, di samping memperingati Hari Ibu, kegiatan pemeriksaan rapid test massal kali ini juga merupakan upaya dan peran TP PKK DIY dalam mengendalikan dan memutus rantai penyebaran Covid-19 yang menjadi pandemi saat ini.

“Langkah rapid test massal ini merupakan screening awal untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di Yogyakarta. Sejumlah 125 pemeriksaan gratis diberikan kepada TP PKK DIY dan perempuan-perempuan yang berada di Kompleks Kepatihan Yogyakarta. Selain itu, Kabupaten lainnya juga melakukan test rapid gratis,” jelasnya.

Sementara itu, GKBRAy A. Paku Alam mengatakan, penambahan kasus Covid-19 di DIY pun sedang mengalami peningkatan, sehingga TP PKK DIY memanfaatkan momentum Hari Ibu untuk berupaya keras melawan wabah dengan pola hidup bersih dan sehat, selain tetap pada upaya menjalankan protokol kesehatan, sehingga kasus Covid-19 bisa mengalami penurunan dan banyak pasien yang telah terjangkit bisa cepat sembuh.

“Terima kasih atas kehadiran ibu-ibu yang sudah hadir untuk mengikuti kegiatan pemeriksaan rapid test hari ini. Karena pastinya ibu-ibu sangat membutuhkannya di zaman pandemi Covid-19. Saya ingin ibu-ibu semua dapat melakukan ini agar daya tahan ibu-ibu lebih kuat. Kita harus tetap berupaya keras melawan wabah ini dengan pola hidup bersih sehat seperti makan dan olahraga teratur disamping protokol kesehatan. Dan jangan lupa untuk menerapkan 3M dengan disiplin (menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan menjaga jarak), sehingga ibu-ibu selalu dalam keadaan sehat, cantik dan berbahagia.” ucap Gusti Putri.

GKBRAy A. Paku Alam juga memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada tim medis dari Dinas Kesehatan DIY dan IKAPTK DIY yang sudah memfasilitasi masyarakat DIY untuk mengadakan rapid test. Acara ini hadir pula memberikan sambutan Kepala Bappeda DIY sekaligus Ketua IKAPTK (Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan) DIY, Drs. Beny Suharsono, M.Si. (yf)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: