12 Agt 2023
  Humas DIY Berita,

Peringati HUT Ke-78 RI, Pemda DIY Siap Gelar Beragam Acara

Yogyakarta (11/08/2023) jogjaprov.go.id - Pemda DIY siap menggelar beragam acara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) mulai 14 hingga 26 Agustus 2023. Rangkaian acara Peringatan HUT ke-78 RI yang bertemakan 'Terus Melaju Untuk Indonesia Maju' ini akan digelar secara normal kembali seiring dicabutnya status pandemi Covid-19.

Asisten Sekda Bidang Administrasi dan Pemerintahan Setda DIY Sumadi sekaligus Ketua Panitia Peringatan HUT ke-78 RI mengatakan rangkaian acara akan dimulai dengan Penyerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya Presiden RI dan Penyerahan SK Menteri Hukum dan HAM tentang Remisi oleh Gubernur DIY di Bangsal Kepatihan pada Senin (14/08) pukul 09.0 WIB. Kemudian Sidang Tahunan MPR-RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RIl di Ruang Rapat Paripurna Istimewa DPRD DIY, Rabu (16/08) pukul 08.28 WIB.

"Masih di hari yang sama, digelar Upacara Pengukuhan Paskibraka DIY 2023 Gedung Kesenian Istana Kepresidenan Yogyakarta pukul 15.00 WIB dilanjutkan Upacara Pengambilan Bendera di Gedhong Wilis menuju Istana Kepresidenan Yogyakarta pukul 17.00 WIB. Pada pukul 19.00 WIB Acara Malam Tirakatan di Bangsal Kepatihan dan pukul 24.00 WIB digelar Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMPN Kusumanegara," tutur Sumadi dalam Jumpa Pers Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Gedhong Pracimasana Kompleks Kepatihan, Jumat (11/08/2023).

Sumadi menyampaikan rangkaian acara pada Kamis (17/08) mulai pukul 07.30 WIB yaitu Upacara Pengibaran Bendera di Halaman Kompleks Kepatihan. Lalu Upacara Pengibaran Bendera pukul 10.00 WIB dan Penurunan Bendera Kebangsaan Sang Merah Putih pukul 17.00 WIB dilanjutkan Upacara Pengembalian Bendera dari Halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta ke Gedhong Wilis Kompleks Kepatihan. Kemudian Resepsi Peringatan HUT ke-78 Proklamasi di Bangsal Kepatihan pada 19.00 WIB.

"Rangkaian acara berikutnya Ramah Tamah Gubernur DIY dengan Paskibraka DIY di Bangsal Kepatihan pada Jumat (18/08) pukul 09.00 WIB. Konser Serenade Bunga Bangsa #9 di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Sabtu (19/08) pukul 19.00 WIB serta Pawai Kemerdekaan di sepanjang Jalan Malioboro pada Sabtu (26/08) pukul 14.00 WIb," imbuh Sumadi.

Terkait dengan pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-78 di DIY, Sumadi menghimbau masyarakat diharapkan dapat bertanggung jawab terhadap sampah. Hal ini mengingat pelaksanaan upacara yang biasanya dilakukan di lapangan seringkali menimbulkan sampah. "Kita imbau kepada masyarakat dan panitia atau penyelenggara misalnya ada yang menggelar upacara atau pertandingan-pertandingan di lapangan dan bisa menimbulkan sampah bisa bertanggung jawab menjaga kebersihan" tandasnya.

Kepala Bagian Humas Biro Umum Humas dan Protokol (UHP) Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji menambahkan tujuh sirine akan dibunyikan di beberapa titik di DIY saat peringatan detik-detik proklamasi pada 17 Agustus 2023 pukul 10.18 WIB. Hal ini sesuai edaran Pemerintah Pusat, Pemda DIY pun telah bekerja sama dengan Pemkab dan Pemko. " Selama sirine dibunyikan, diharapkan masyarakat turut berpartisipasi dengan menghentikan sementara kegiatannya untuk mengikuti detik-detik proklamasi tersebut,"ucapnya.

Dalam momentum ini, Pemda DIY bekerjasama dengan Samsat DIY juga menggelar program bebas denda balik nama semua jenis kendaraan bermotor. Masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor namun masih atas nama orang lain bisa memanfaatkannya program yang berlaku mulai 10 Agustus hingga 30 September 2023 mendatang.

Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Sejarah, Bahasa, Sastra, dan Permuseuman Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY Budi Husada siap mempersembahkan dua agenda sekaligus yaitu Aubade yang dilakukan dengan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-78 RI di Istana Kepresidenan Yogyakarta pada Kamis (17/08) dan Konser Serenade Bunga Bangsa #9 di Concert Hall TBY pada Sabtu (19/08). Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan akan peristiwa, kesadaran sejarah bangsa sendiri serta menginternalisasi rasa cinta tanah air, nasionalisme dan kebanggaan akan Indonesia.

"Ada lebih dari 80 musisi yang akan terlibat dalam konser ini dan menghadirkan conductor Eki Satria, Solis biola Mevlied Nahla, serta konser
master Afif Ilhamzah. Sebanyak 8 repertoar yang akan dibawakan merupakan lagu bernuansa kebangsaan dan sangat tepat dibawakan untuk merayakan ulang tahun Kemerdekaan RI, " katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penasaran Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Anita Verawati mengungkapkan pihaknya bekerjasama.dengan Paguyuban Karnaval Jogja Istimewa akan mengelar Pawai Kemerdekaan yang menampilkan talent-talent dari Jogja Fashion Carnival. Kegiatan pawai ini diikuti 15 kelompok hasil seleksi dari Pemda DIY dan sekitarnya. Selain itu, dimeriahkan tim Paskibraka DIY, dua kelompok marching band serta dua bintang tamu karnaval dari Banyuwangi Etno Carnival dan Traya Art Center Solo.

" Pawai Kemerdekaan 2023 ini mengusung tema 'Titis Ginaris Sunar Binabar' yang menggambarkan keindahan garis imajiner Yogyakarta mulai dari Pantai Selatan hingga Gunung Merapi. Pawai ini terbuka untuk masyarakat umum dan diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke DIY," pungkasnya. (Fn/Tf/Rc)
-HUMAS DIY-

Bagaimana kualitas berita ini: