20 Mei 2023

Pertama di DIY, Pelantikan Pengurus Perwosi Kapanewon se Kulon Progo

KULON PROGO (19/05/2023)jogjaprov.go.id – Olah raga sudah menjadi gaya hidup, olah raga tidak lagi dipandang sebagai bagian untuk menjaga kebugaran tubuh saja, akan tetapi olah raga sudang dipandang sebagai bagian dari kebutuhan manusia. Oleh karena itu PERWOSI sebagai organisasi yang bergerak di bidang olah raga, diharapkan senantiasa dapat meningkatkan eksistensi wanita di seluruh Indonesia untuk mengembangkan olah raga sesuai dengan budaya dan kepribadian bangsa.

Harapan demikian disampaikan Ketua Persatuan Wanita Olah Raga Indonesia (PERWOSI) DIY, GKR Hemas dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Ketua I PERWOSI DIY GBRAY Paku Alam (Gusti Putri) ketika menghadiri acara Syawalan dan Pelantikan Pengurus PERWOSI Masa Bakti 2023-2026 Tingkat Kapanewon se Kabupaten Kulon Progo pada Sabtu pagi (19/05), yang dilaksanakan di Ruang Sadewa Unit I, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kulon Progo, Jalan Ki Josulo Dipan Wates Kulon Progo.

Pelantikan Pengurus PERWOSI Tingkat Kapanewon se Kabupaten Kulon Progo ini dilakukan oleh Ketua PERWOSI Kabupaten Kulon Progo Sri Wahyu Widati, ditandai dengan kata-kata Pelantikan dan penyematan pin PERWOSI secara simbolis oleh Wakil Ketua I PERWOSI DIY GBRAY Paku Alam, serta dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kulon Progo, Ketua KONI Kulon Progo serta Pengurus PERWOSI DIY.

Seusai melantik, dalam sambutannya Ketua PERWOSI Kulon Progo Sri Wahyu Widati mengatakan semoga Pengurus PERWOSI yang baru saja dilantik bisa mewujudkan visi dan miisi PERWOSI dalam membentuk wanita Indonesia yang sehat dan bugar sehingga dapat mewujudkan keluarga yang cinta olah raga.
Terkait dengan hal tersebut tandas Sri Wahyu Widati bahwa PERWOSI memiliki 2 misi yaitu pertama membantu Pemerintah/KONI dalam memasyarakatkan olah raga di tengah masyarakat dan yang kedua adalah mengedukasi tentang manfaat berolahraga. Untuk itu Sri Widati berharap kepada PERWOSI Kapanewon se Kulon Progo ini untuk segera menyusun program kerja 2023-2026 serta selalu berkoordinasi dengan PERWOSI Kabupaten maupun PERWOSI DIY.

Sementara itu Ketua KONI Kabupaten Kulon Progo Kusdiro dalam sambutannya mengatakan, menyambut baik dan mengapresiasi dilantiknya Pengurus PERWOSI Masa Bakti 2023-2026 di 12 Kapanewon se Kabupaten Kulon Progo. Dengan dilantiknya Pengurus PERWOSI di tingkat Kapanewon ini merupakan PERWOSI Kapanewon yang baru pertama kali di Kulon Progo dan bahkan di DIY. Mudah-mudahan Kabupaten/Kota lainnya segera menyusul dilantiknya PERWOSI seperti ini, karena salah satu visi dan misinya yaitu pengembangan olah raga dan untuk segera ber-action di lapangan.

Lebih lanjut Ketua PERWOSI DIY GKR Hemas melalui Gusti Putri menyatakan bahwa untuk mencapai visi dan misi PERWOSI yaitu untuk membentuk wanita Indonesia yang sehat dan bugar sehingga tercipta keluarga yang sejahtera yang cinta olah raga dimulai dari pembinaan kepada anak-anak. Sebab dari kecintaan pada olah raga itulah, anak-anak kita akan dapat tumbuh berkembang menjadi atlit. 

Menyinggung masalah kesehatan, lebih lanjut GKR Hemas mengingatkan bahwa banyak peristiwa orang sedang berkegiatan tiba-tiba mendadak jatuh pingsan dan meninggal dunia, dan dikatakan secara medis kena serangan jantung. Oleh karena perlu ada pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah, dengan mengedukasi masyarakat dan melakukan deteksi dini, kemudian untuk selanjutnya secara individu dapat secara mandiri menjaga kesehatannya. Berkaitan dengan hal tersebut, disampaikan pula bahwa pengurus Yayasan Jantung Indonesia Cabang Yogyakarta baru saja dikukuhkan pada Januari 2023 lalu, hal ini dapat memberikan layanan untuk keperluan masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk memeriksakan, konsultasi terkait dengan kesehatan jantungnya.

Dibagian lain dalam sambutannya Ketua PERWOSI DIY mengingatkan bahwa tahun 2024 sudah dekat dan di depan mata, dan tahun tersebut merupakan tahun demokrasi karena pada bulan Januari 2024 akan dilaksanakan Pemilihan Calon Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Pada Bulan Oktober 2024 akan dilaksanakan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati/Walikota secara serentak di seluruh Indonesia. Terkait dengan hal tersebut Ketua PERWOSI mengajak untuk berdoa semoga pesta demokrasi Bangsa Indonesia berjalan lancar, tertib dan sukses.

Dengan akan dilaksanakan pesta demokrasi tersebut GKR Hemas mengajak Pengurus PERWOSI untuk dapat mendukung dengan mentaati peraturan dengan melakukan pemilihan dengan hati nurani, dengan tertib dan tidak golput. Usai pelantikan dilanjutkan dengan berfoto bersama dengan Pengurus Perwosi dari Tingkat Kapanewon dan Pengurus Kabupaten Kulon Progo.(kr)


Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: