28 Jan 2022
  Humas Berita,

Plt Kepala Perwakilan BI DIY Pamit kembali ke Jakarta

Yogyakarta (28/01/2021) jogjaprov.go.id – “Saya mohon pamit, mohon pamit dari Jogja saya menjalani MPP (Masa Persiapan Pensiun) kembali ke Jakarta,” ucap Miyono mantan Plt. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (BI DIY) yang beralih tugas memasuki masa MPP kembali ke Jakarta.

Hal itu disampaikan oleh Miyono saat audiensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, pada Jum’at (28/01) di Gedhong Wilis, Kompleks  Kepatihan, Yogyakarta. Pada kesempatan audiensinya kali ini, selain bersilaturahmi juga sekaligus memperkenalkan kepada Sri Sultan Kepala Perwakilan BI DIY yang baru, Budiharto Setyawan sebagai pengganti Hilman Tisnawan, Kepala Perwakilan BI DIY sebelumnya.

Budiharto Setyawan dilantik oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, pada (18/01) dan akan dikukuhkan pada (07/02) mendatang. Selain bersilaturahmi, Budiharto Setyawan juga bermaksud mengundang Sri Sultan Hamengku Buwono X pada acara pengukuhan yang akan datang sekaligus untuk memberikan arahan saat nanti rawuh (hadir) di Bank Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Miyono di Bangsal Kepatihan usai audiensi.

Selain itu Miyono menjelaskan, dalam audiensinya dengan Gubernur DIY kali ini ia juga melaporkan kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan oleh Bank Indonesia, misalnya bagaimana cara mengatasi kelangkaan air di Gunungkidul.

“Dan rencana ke depan untuk mengatasi masalah pengolahan sampah di Piyungan, Bank Indonesia akan melakukan penelitian dan hasilnya akan dilaporkan kepada Ngarso Dalem, untuk memperoleh penyelesaiannya seperti apa,” jelas Miyono.

Sri Sultan menerima audiensi dalam situasi yang resmi namun santai, saling ngobrol bertukar pengalaman. Hal ini diungkapkan oleh Budiharto Setyawan usai audiensi. Ia mengungkapkan bahwa ini adalah napak tilas bagi dirinya setelah 20 tahun yang lalu pernah menetap di Kota Jogja.

“Saya juga melapor kepada Ngarso Dalem bahwa saya itu 20 tahun yang lalu bertugas di Jogja, sekolah S2 dan diperbantukan di BI Jogja. Saya juga bilang, S1 nya juga di Jogja, di UGM, adik kelasnya Ngarso Dalem di Fakultas Hukum,” terang Budiharto.

Ia juga mengungkapkan rasa bahagianya bisa kembali ke Yogyakarta untuk mengemban tugas barunya  sebagai Kepala Perwakilan BI DIY dan bergabung dengan Pemerintah DIY.

“Jadi, ini merupakan suatu kebahagiaan bagi saya untuk bisa kembali ke Yogyakarta dan tadi saya memohon kepada beliau untuk berkenan menerima saya bergabung di DIY,” ucapnya.

Sebelum menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI DIY, dengan jabatan yang sama sebelumnya Budiharto Setyawan menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia di Bandar Lampung dan pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten (2013-2017).

Budiharto Setyawan lahir di Jakarta pada tahun 1965. Menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Gadjah Mada di bidang Hukum Perdata pada tahun 1990 dan kembali ke Universitas Gadjah Mada, menempuh pendidikan S2 (magister) dan mendapatkan gelar Master di bidang Ekonomika Pembangunan pada tahun 2002.

“Harapan saya, tentunya saya bisa melanjutkan hal-hal yang sudah dirintis oleh Pak Miyono, Pak Hilman sebelumnya, dan saya berharap Beliau (Gubernur DIY) juga berkenan untuk bisa tetap melanjutkan hubungan yang sudah terbina secara baik antara Bank Indonesia dengan Pemerintah Provinsi DIY,” jelas Budiharto Setyawan di akhir perbincangan. (fk)

 

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: